Jokowi Ajak Perusahaan Jepang Investasi di IKN

Jokowi mengatakan investasi di Indonesia menjanjikan

Jakarta, IDN Times - Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo mengajak para pengusaha Jepang berinvestasi di Indonesia. Jokowi mengatakan, berinvestasi di Indonesia sangat menjanjikan.

Hal ini disampaikan Jokowi ketika bertemu perwakilan sejumlah perusahaan besar Jepang saat berkunjung ke Hiroshima, Jepang, untuk menghadiri pertemuan G7, kemarin.

Pertemuan ini dihadiri dua lembaga keuangan Jepang (JICA dan JBIC), empat asosiasi pengusaha (JETRO, JIBH, JBC, J-CODE), 24 perusahaan, dan tiga wakil pemerintah termasuk penasihat Perdana Menteri Jepang, Masafumi Mori.

“Dalam pertemuan ini, Presiden menyampaikan beberapa hal, salah satunya adalah di tengah ketidakpastian ekonomi dunia, ekonomi Indonesia termasuk salah satu yang bertahan,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam keterangannya, Senin (22/5/2023).

Baca Juga: Perusahaan Nasional Sepakat Kucurkan CSR untuk Masyarakat IKN

1. Jokowi ajak pengusaha Jepang investasi di IKN

Jokowi Ajak Perusahaan Jepang Investasi di IKNBendungan Sepaku Semoi di Ibu Kota Negara Nusantara. Screenshoot akun YouTube KemenPUPR

Salah satunya, Jokowi mengajak perusahaan Jepang berinvestasi di Ibu Kota Nusantara. Jokowi juga menjelaskan, terdapat komitmen kuat dari pemerintah untuk meningkatkan iklim investasi dan daya asing.

“Bapak Presiden mengajak perusahaan-perusahaan Jepang untuk berinvestasi di sektor-sektor prioritas, antara lain hilirisasi industri, transisi energi, dan pembangunan IKN,” ujar Retno.

“Bapak Presiden beberapa kali menyampaikan senang bekerja dengan Jepang karena kualitasnya bagus, namun mengharapkan harganya lebih kompetitif,” lanjut dia.

Baca Juga: Otorita IKN Klaim 65 Persen Area IKN Nusantara Jadi Hutan Lindung

2. Asosiasi pengusaha Jepang sudah berkunjung ke IKN

Jokowi Ajak Perusahaan Jepang Investasi di IKNPresiden Jokowi bersama Gubernur Kaltim Isran Noor saat meninjau kawasan IKN yang berkontur pegunungan. (IDN Times/ Istimewa)

Sementara itu, pada April 2023, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membawa dan mendampingi asosiasi pengusaha Jepang melihat pembangunan IKN.

"Harapan kami pembangunan IKN akan menjadi pembangunan megaproyek bagi investasi Jepang setelah proyek MRT dan Pelabuhan Patimban," kata Penasihat Perdana Menteri Jepang Hiroto Izumi, kala itu.

Dalam kunjungan ini, delegasi Jepang berkesempatan melihat langsung bagaimana pembangunan IKN terus berjalan. Para delegasi diajak melihat dengan seksama progres pembangunan Bendungan Sepaku Semoi, Titik Nol Nusantara, Istana Presiden, dan Hunian Pekerja Konstruksi.

Baca Juga: Otorita IKN Tegaskan Penyediaan Tanah di IKN Tak Mandek

3. Otorita IKN sudah terima LOI investor

Jokowi Ajak Perusahaan Jepang Investasi di IKNPresiden Jokowi saat meninjau lokasi IKN di PPU untuk pertama kalinya sejak penentuan IKN baru (IDN Times/Yuda Almerio)

Otoritas IKN Nusantara telah menerima 70 letter of intent atau LOI dari perusahaan swasta yang berminat untuk investasi di IKN. Kepala Otorita IKN Bambang Susantono optimistis para investor dapat melihat peluang investasi yang ditawarkan di IKN Nusantara.

Dalam perhelatan World Economic Forum (WEF) pada 16-20 Januari 2023 di Davos, Swiss, pemerintah Indonesia memaparkan perkembangan dan peluang bisnis di IKN Nusantara dalam kegiatan Indonesia Pavilion.

Pemerintah telah berkomitmen 80 persen dari anggaran pembangunan IKN Nusantara akan dibiayai oleh investor dan sisanya melalui APBN.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya