Jokowi akan Kunjungi Ukraina dan Rusia, Temui Zelenskyy dan Putin  

Jokowi pemimpin Asia pertama yang kunjungi Kiev dan Moscow

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo direncanakan bakal mengunjungi Ukraina dan Rusia pada akhir bulan Juni 2022. Kunjungan ini merupakan bukti bahwa Indonesia berkontribusi dalam masalah dunia.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan, Presiden Jokowi bakal ke Kiev dan Moskow usai kunjungan dari Jerman untuk menghadiri KTT G7.

Menlu Retno menegaskan, Presiden Jokowi merupakan pemimpin negara di Asia pertama yang mengunjungi Kiev dan Moskow.

"Presiden Jokowi akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin di masing-masing negara," kata Menlu Retno dalam konferensi pers daring, Rabu (22/6/2022).

Selain itu, Menlu Retno mengatakan bahwa sebagai presiden G20, Indonesia berkontribusi dalam masalah internasional, contohnya krisis Ukraina tersebut.

"Meski situasi sulit dan kompleks, sebagai presiden G20 dan anggota Champion Group Global Crisis PBB, Presiden Jokowi memilih untuk mencoba berkontribusi tidak memilih untuk diam," ujar Menlu Retno menegaskan.

Selain itu, kunjungan Presiden Jokowi ini merupakan kunjungan kemanusiaan mengingat situasi di Ukraina semakin memprihatinkan.

"Kunjungan ini menunjukkan kepedulian kemanusiaan, kontribusi akibat krisis pangan yang diakibatkan dampak perang ini memang dirasakan semua negara berkembang dan berpenghasilan rendah. Indonesia juga terus mendorong spirit perdamaian," kata Menlu Retno.

Baca Juga: Jokowi Bakal Temui Putin di Moskow 30 Juni, Bahas Isu Ukraina?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya