Jokowi ke Jerman Hadiri Hannover Messe 2023

Hari ini Jokowi berangkat ke Hannover

Jakarta, IDN Times - Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo beserta Ibu Negara, Iriana Jokowi, bertolak ke Hannover, Jerman, Sabtu (15/4/2023) untuk menghadiri Hannover Messe 2023.

“Indonesia menjadi negara mitra di Hannover Messe tahun 2023 dan tema yang diusung Indonesia adalah Making Indonesia 4.0. Hannover Messe merupakan pameran industri terbesar di Eropa dan Indonesia adalah negara ASEAN pertama yang menjadi negara mitra resmi atau partner country,” kata Jokowi, dikutip dari laman YouTube Setpres RI, Sabtu (15/4/2023).

Rencananya, Jokowi akan membuka Hannover Messe bersama Kanselir Jerman Olaf Scholz, serta akan melakukan pertemuan bilateral dan bertemu dengan beberapa pengusaha Jerman.

1. Tema Making Indonesia 4.0 untuk Hannover Messe

Program Making Indonesia 4.0 diluncurkan Jokowi pada 4 April 2018 dengan tujuan meningkatkan daya saing melalui efisiensi proses produksi, meningkatkan kualitas produk dan mengurangi biaya produksi, Indonesia bertekad mewujudkan Making Indonesia 4.0 pada tahun 2025.

Kebijakan pemerintah Indonesia adalah mengembangkan industri 4.0 yang berbasis pada kepentingan industri dalam negeri. Beberapa sektor industri seperti semen, petrokimia, otomotif, serta makanan dan minuman telah siap memasuki era industri 4.0.

Berbekal sumber daya multi-sektor yang dimiliki, Indonesia mampu mensejajarkan diri dengan negara maju dalam hal revitalisasi industri manufakturnya.

Keunggulan SDM dan kekayaan alam yang melimpah mulai dari sumber daya mineral, hasil hutan dan migas menjadi modal utama guna menarik minat investasi asing. 

Baca Juga: Jokowi Perbarui Jam Kerja ASN, Bisa Work From Anywhere

2. Empat target utama Indonesia di Hannover Messe

Indonesia memiliki empat target utama dalam keikutsertaan di ajang tersebut tahun ini. Pertama, untuk mempresentasikan peta jalan Making Indonesia 4.0.

Kedua, mempromosikan kerja sama industri. Ketiga, mempromosikan investasi asing dan ekspor. Sedangkan yang keempat, untuk meningkatkan hubungan bilateral dengan Jerman sebagai tuan rumah.

Dikutip dari laman Kementerian Luar Negeri RI, Indonesia akan memanfaatkan perannya sebagai Official Partner Country Hannover Messe 2023 untuk menyampaikan kepada dunia internasional, khususnya pelaku bisnis dan industri terkait kebijakan kemudahan investasi di Indonesia.

3. Gandeng 157 co-exhibitors dari swasta dan BUMN

Menggandeng sebanyak 157 co-exhibitors dari swasta, BUMN, start-ups, asosiasi, kementerian, Lembaga pendidikan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), serta kawasan industri, Indonesia akan menampilkan Paviliun yang memamerkan produk dan layanan inovatif serta menggambarkan transformasi ekonomi ke industri 4.0 berbasis riset dan teknologi.

Sektor prioritas yang diusung adalah makanan, tekstil, otomotif, elektronik, kimia, alat kesehatan dan farmasi.

Pada Hannover Messe 2023 akan digelar pula upaya promosi pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Elemen-elemen potensi IKN yang dipromosikan antara lain besaran 250 ribu hektar dengan proyek terpadu seperti pusat pemerintahan, kawasan ekonomi dan keuangan, pendidikan, riset dan inovasi, pariwisata, energi terbarukan, pertanian, perikanan, agro-industri, perdagangan dan logistik. Dengan prinsip green, smart, inclusive, resilient dan sustainable, pembangunan IKN sangat cocok dilengkapi dukungan perusahaan-perusahaan Eropa yang lebih mengedepankan green technology.

Baca Juga: 6 BUMN Dibubarkan Jokowi, Asetnya Bakal Dilelang 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya