Kabur Hampir 2 Bulan, Eks Presiden Sri Lanka Kembali ke Negaranya

Rajapaksa tiba di Kolombo hari ini

Jakarta, IDN Times - Eks Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa dilaporkan telah kembali ke Kolombo setelah hampir dua bulan melarikan diri ke Maladewa, Singapura dan Thailand.

Rajapaksa mendarat di Kolombo dengan menggunakan maskapai Singapore Airlines dari Thailand pada Sabtu (3/9/2022) dini hari waktu setempat.

1. Disambut di bandara

Kabur Hampir 2 Bulan, Eks Presiden Sri Lanka Kembali ke NegaranyaGotabaya Rajapaksa, Presiden Sri Lanka. (Instagram.com/gotabayar)

Dilansir dari Al Jazeera, Sabtu (3/9/2022), Rajapaksa juga mendapat penyambutan di bandara oleh para menteri dan sejumlah politikus saat mendarat di bandara.

Namun tak diketahui apakah ia akan kembali ke rumah pribadinya atau terlebih dahulu diamankan, mengingat kemarahan rakyat Sri Lanka terhadap Rajapaksa.

Baca Juga: Sri Mulyani: Krisis Sri Lanka Akan Dibahas di G20 Indonesia

2. Kabur ke tiga negara usai rumahnya digeruduk massa

Kabur Hampir 2 Bulan, Eks Presiden Sri Lanka Kembali ke NegaranyaPresiden Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa. (Twitter.com/GotabayaR)

Pada 10 Juli 2022 lalu, Sri Lanka mengalami demonstrasi besar-besaran. Massa menggeruduk kediaman resmi Rajapaksa di Kolombo.

Namun, Rajapaksa berhasil diamankan sebelum massa berhasil masuk ke rumahnya. Rajapaksa langsung dibawa ke bandara dan dimasukkan ke ruang VIP.

Rajapaksa sempat akan kabur ke Abu Dhabi. Namun pelariannya ini gagal karena petugas imigrasi enggan mengecap paspornya. Sebaliknya, Rajapaksa juga enggan keluar ruang VIP untuk menghindari amukan massa.

Akhirnya Rajapaksa kabur ke Maladewa menggunakan pesawat militer keesokan harinya. Dua hari di Maladewa, Rajapaksa kabur lagi ke Singapura dan terakhir ke Thailand. Total waktu ia kabur dari Sri Lanka adalah tujuh pekan.

3. Rajapaksa belum pernah muncul ke publik sejak mengundurkan diri

Kabur Hampir 2 Bulan, Eks Presiden Sri Lanka Kembali ke NegaranyaPresiden Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa (Twitter.com/TRTWorld)

Sejak mengundurkan diri dengan mengirimkan surel ke Parlemen Sri Lanka begitu sampai di Singapura, Rajapaksa belum pernah menunjukkan dirinya ke publik.

Sebelum kabur ke Thailand, Rajapaksa disebut-sebut akan kembali ke Kolombo pada awal Agustus 2022. Tapi ia tak pernah muncul hingga saat ini.

Rumor kembalinya Rajapaksa ke Kolombo pada awal Agustus kemarin berkaitan dengan pemanggilan Mahkamah Agung Sri Lanka terkait petisi yang menuding dirinya sebagai salah satu dalang dalam krisis ekonomi Sri Lanka.

Baca Juga: Diprotes India dan AS, Kapal China Tetap Berlabuh di Sri Lanka 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya