Kaisar Jepang Naruhito Bakal Kunjungi Indonesia 

Kunjungan akan dimulai 17 Juni 2023

Jakarta, IDN Times - Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako dijadwalkan mengunjungi Indonesia pada 17 Juni 2023. Kunjungan ini akan berlangsung selama tujuh hari.

Dilansir dari Kyodo, Jumat (9/6/2023), kunjungan Kaisar Naruhito ini merupakan yang kedua sejak naik takhta pada 2019. Pada 2022, Kaisar dan Permaisuri sempat berkunjung ke Inggris untuk menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II.

Sejumlah acara akan dihadiri Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako, termasuk jamuan makan siang oleh Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo.

Kunjungan Kaisar Naruhito ini juga bertepatan dengan perayaan 50 tahun hubungan kemitraan Jepang dan ASEAN. Adapun Indonesia merupakan ketua ASEAN 2023.

Baca Juga: Resep Tenshindon, Telur Dadar Kepiting Khas Jepang yang Oishi

1. Kaisar Jepang bakal mengunjungi Yogyakarta

Kaisar Jepang Naruhito Bakal Kunjungi Indonesia Ilustrasi Suasana Yogyakarta (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Jamuan makan siang dari Jokowi akan digelar di Istana Kepresidenan Bogor pada 19 Juni 2023. Keesokan harinya, Kaisar dan Permaisuri direncanakan mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Pada 21 Juni 2023, Kaisar Naruhito akan melakukan perjalanan ke Yogyakarta untuk menghadiri jamuan makan malam dengan Gubernur DIY Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwoxo X.

Selain itu, Kaisar Naruhito juga dijadwalkan melakukan kunjungan ke proyek kereta cepat dan sejumlah universitas yang memiliki pendidikan Bahasa Jepang serta bertemu dengan warga Jepang yang tinggal di Indonesia.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Makan Ramen di Madiun, Rasa Autentik Jepang

2. Jokowi ajak Kaisar Jepang berkunjung ke Indonesia

Kaisar Jepang Naruhito Bakal Kunjungi Indonesia Presiden Jokowi bertemu Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako, di Istana Kekaisaran Jepang (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam kunjungan Jokowi ke Jepang pada Juli 2022, ia sempat mengajak Kaisar Jepang berkunjung ke Indonesia. Pertemuan Jokowi dan Kaisar Jepang berlangsung selama 30 menit.

"Saya tunggu kunjungannya di Indonesia, Yang Mulia," kata Jokowi, kala itu.

Diketahui, Naruhito menjadi Kaisar Jepang ke-126 sejak 1 Mei 2019. Kepemimpinan Naruhito disebut sebagai zaman Reiwa yang bermakna "keselarasan nan indah".

Baca Juga: Patroli Udara China-Rusia di Pasifik Barat Buat Jepang Khawatir

3. Kondisi kesehatan Permaisuri Masako jadi pertimbangan

Kaisar Jepang Naruhito Bakal Kunjungi Indonesia Kaisar Naruhito dan Putri Masako (japan-forward.com)

Sementara itu, kepastian soal keikutsertaan Permaisuri Masako kini tengah dipertimbangkan karena mengingat kondisi kesehatannya yang menurun.

Pada 1991, orangtua Kaisar Naruhito, Kaisar Emeritus Akihito dan Pemaisuri Emerita Michiko pernah mengunjungi Indonesia. Lawatan saat itu merupakan bagian dari tur luar negeri pertama mereka setelah penobatannya beberapa tahun sebelumnya.

Tidak hanya mengunjungi Indonesia, saat itu pasangan tersebut juga melawat ke Thailand dan Malaysia.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya