Kanada Segera Kirim 4 Tank Leopard ke Ukraina 

Kanada juga menyanggupi bantuan lainnya ke Kiev

Jakarta, IDN Times - Kanada akan menyumbang empat tank tempur utama Leopard 2 A4 dan pelatih Angkatan Bersenjata untuk melatih tentara Ukraina bagaimana cara mengoperasikan tank tersebut.

“Kendaraan lapis baja berat ini akan memberi keuntungan untuk pasukan mereka di medan perang berkat mobilitasnya yang luar biasa, daya tembaknya, dan kemampuan bertahannya,” kata Menteri Pertahanan Anita Anand, dikutip dari CBC, Jumat (27/1/2023).

Empat tank Leopard 2 ini akan diambil dari unit cadangan milik Kanada dan siap digunakan di medan perang untuk melawan Rusia.

1. Kanada akan terus memasok apa yang dibutuhkan Ukraina

Kanada Segera Kirim 4 Tank Leopard ke Ukraina Menteri Pertahanan Kanada, Anita Anand. (twitter.com/Anita Anand)

Anand juga menegaskan, tank-tank ini akan dikirim secepat mungkin dan mungkin bisa dikirim lebih banyak lagi di waktu mendatang.

“Sumbangan ini digabung dengan kontribusi sekutu dan mitra akan sangat membantu Ukraina yang berjuang secara heroik mempertahankan kedaulatan mereka,” ucap Anand.

Ia menambahkan, Kanada juga terus memantau segala sesuatu yang diperlukan Ukraina dan sebisa mungkin akan membantu.

Baca Juga: Akui Hancurkan Budaya-Bahasa Pribumi, Kanada Bayar Genda Rp31,5 T

2. Leopard buatan Jerman jauh lebih baik dari buatan Rusia

Kanada Segera Kirim 4 Tank Leopard ke Ukraina Tank Leopard 2A4 milik Angkatan Darat Polandia. twitter.com/DeptofDefense

Sementara itu, Kepala Staf Pertahanan Jenderal Wayne Eyre mengatakan bahwa tank Leopard 2 Kanada buatan Jerman jelas lebih baik dibanding tank T90 bikinan Rusia.

Meski sumbangan Kanada ini masih terbilang kecil dari sumbangan negara sekutu lainnya, Ottawa telah menyumbang 200 kendaraan lapis baja pekan lalu ke Kiev.

Kanada juga baru saja mengumumkan rencana pembelian dan donasi sitem pertahanan udara senilai 400 juta dolar Kanada.

3. Rusia menyebut NATO ikut serta dalam perang

Kanada Segera Kirim 4 Tank Leopard ke Ukraina Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov (Twitter.com/Russian Embassy, IDN)

Rusia mengatakan bahwa pengiriman tank tempur Amerika Serikat (AS) dan Jerman ke Ukraina adalah bukti NATO dalam perang. 

“Ada pernyataan konstan dari Eropa dan Washington, bahwa pengiriman berbagai sistem senjata ke Ukraina, termasuk tank, sama sekali tidak menandakan keterlibatan negara-negara ini atau aliansi dalam permusuhan di Ukraina,” kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov.

“Kami sangat tidak setuju dengan ini dan, di Moskow, semua yang dilakukan aliansi (Barat) yang saya sebutkan dipandang sebagai keterlibatan langsung dalam konflik. Kami melihat bahwa ini (perang) berkembang,” tambahnya.

Baca Juga: Reformasi Militer Rusia Tergantung Ekspansi NATO di Ukraina

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya