Kanada Siap Kolaborasi dengan Strategi Indo Pasifik ASEAN 

Ada kesamaan visi strategi Indo Pasifik Kanada dan ASEAN

Jakarta, IDN Times - Meski memiliki strategi Indo Pasifik sendiri, Kanada menyatakan siap untuk berkolaborasi dengan strategi Indo Pasifik milik ASEAN, yaitu ASEAN Outlook on the Indo Pacific.

Strategi ini juga ada di dalam prioritas keketuaan Indonesia di ASEAN 2023, di mana tercantum dalam pilar ketiga prioritas Indonesia tahun ini di kawasan tersebut.

“Kami telah menyiapkan 2,3 miliar dolar Kanada untuk strategi ini di mana kawasan Indo Pasifik benar-benar menjadi pusat pergeseran global di setiap kekuatan besar dan tentu menjadi sorotan penting bagi Kanada,” kata Duta Besar Kanada untuk Indonesia, Nadia Burger, dalam diskusi publik Centre for Strategic and International Studies (CSIS) di Jakarta, Sabtu (18/2/2023).

Dalam kesempatan ini, Burger juga memperkenalkan strategi Kanada untuk Indo Pasifik bernama Canada Indo-Pacific Strategy atau IPS.

Baca Juga: Kanada Terima 10 Ribu Muslim Uighur yang Kabur dari China

1. Sejumlah pilar kerja sama ada dalam strategi ini

Kanada Siap Kolaborasi dengan Strategi Indo Pasifik ASEAN Kapal induk Inggris, HMS Queen Elizabeth kembali ke Portsmouth setelah menyelesaikan misi 7 bulan di kawasan Indo-Pasifik (9/12/2021). (instagram.com/royalnavy)

Dalam IPS, Burger mamaparkan bahwa Kanada banyak memiliki perjanjian bebas dengan beberapa negara di ASEAN, salah satunya Indonesia.

“Di bawah IPS, secara aktif ada negosiasi perjanjian kemitraan ekonomi dengan negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia,” ucap Burger lagi.

“Kami memang meluncurkan tren perdagangan Kanada ke Asia Tenggara untuk memperluas investasi dan bisnis kami,” lanjutnya.

2. Visi yang sama antara strategi Indo Pasifik Kanada dan ASEAN

Kanada Siap Kolaborasi dengan Strategi Indo Pasifik ASEAN Justin Trudeau, PM Kanada (instagram.com/justinpjtrudeau)

Strategi Indo Pasifik yang dipunyai Kanada juga sama dengan visi Indo Pasifik milik ASEAN, terutama untuk menjaga perdamaian, kemanan, stabilitas, dan kemakmuran.

“Strategi Indo Pasifik Kanada jelas menegaskan kembali sentralitas ASEAN di kawasan dan kami akan bekerja untuk menyelaraskan upaya kami dengan pandangan ASEAN,” tutur Burger.

3. Strategi Indo Pasifik Kanada

Kanada Siap Kolaborasi dengan Strategi Indo Pasifik ASEAN Presiden Jokowi hadir di KTT ASEAN-Kanada, pada Sabtu (12/11/2022) di Kamboja (dok. Sekretariat Presiden)

Strategi Indo Pasifik Kanada sendiri diciptakan untuk meningkatkan kontribusi Kanada terhadap perdamaian serta keamanan di kawasan Indo Pasifik juga memperkuat pertumbuhan dan ketahanan ekonomi.

Strategi ini terdiri dari lima tujuan strategis yaitu mempromosikan perdamaian, ketahanan dan keamanan, lalu memperluas perdagangan dan investasi serta ketahanan rantai pasokan pangan.

“Ketiga, memperkuat pertumbuhan dan ketahanan ekonomi, meningkatkan hubungan antarmasyarakat dan mendukung pembangunan berkelanjutan di seluruh kawasan,” pungkas Burger.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya