Kebakaran Hutan di Tenerife Spanyol, WNI Terpantau Aman

Kebakaran hutan terjadi di Pulau Tenerife

Jakarta, IDN Times - Kebakaran hutan di Tenerife, Kepulauan Canary, Spanyol dilaporkan semakin parah. Kebakaran tersebut mengakibatkan 11 kota di sekitarnya terdampak.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha mengonfirmasi, para WNI yang tinggal di Pulau Tenerife, terpantau dalam kondisi selamat dan aman.

“Berdasarkan data lapor diri KBRI Madrid, terdapat 13 WNI yang tinggal di Pulau Tenerife. KBRI Madrid telah menjalin komunikasi dengan para WNI dan hingga saat ini mereka dalam kondisi selamat dan aman,” kata Judha, dalam keterangannya, Senin (21/8/2023).

“KBRI Madrid akan terus memonitor kondisi seluruh WNI dan juga telah sampaikan imbauan agar para WNI tingkatkan kewaspadaan,” ungkap Judha.

1. 26 ribu orang dievakuasi

Kebakaran Hutan di Tenerife Spanyol, WNI Terpantau Amanilustrasi kebakaran hutan (pexels.com/Deep Rajwar)

Layanan Darurat Kepulauan Canary melaporkan setidaknya sudah 26 ribu orang dievakuasi sejak Sabtu (19/8/2023) sore. Jumlah ini pun diperkirakan akan terus naik seiring dengan kebakaran yang sulit dikendalikan.

Kebakaran terjadi di Taman Nasional Gunung Teide, puncak tertinggi di Spanyol, pada Rabu (16/8/2023). Kebakaran terjadi saat cuaca panas dan kering.

2. Pemadaman terhambat karena asap tebal

Kebakaran Hutan di Tenerife Spanyol, WNI Terpantau AmanIlustrasi kebakaran hutan. (Pixabay.com/Ylvers)

Sementara itu, cuaca sempat memburuk di malam harinya karena kenaikan suhu dan angin kencang. Asap tebal juga menghambat upaya pemadaman api dari udara.

Setidaknya 12 ribu hektar lahan telah terbakar saat ini. Kebakaran ini juga disebut sebagai kebakaran terparah di Canary.

3. Bandara masih beroperasi normal

Kebakaran Hutan di Tenerife Spanyol, WNI Terpantau Amanilustrasi bandara (unsplash.com@starocker)

Pulau favorit para wisatawan itu dilaporkan belum memerintahkan para turis untuk evakuasi karena jarak dari kebakaran hutan ke lokasi wisata masih jauh. Dua bandara di pulau itu juga masih beroperasi normal.

Cuaca panas yang cukup terik di Benua Eropa tahun ini mengakibatkan kebakaran hutan yang cukup parah, termasuk di La Palma, Spanyol, pada Juli.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya