Kim Jong Un Kawal Langsung Uji Coba Rudal Balistik Terbaru

Kim Jong Un terus mengembangkan rudal Korut

Jakarta, IDN Times - Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un, dilaporkan mengawal langsung latihan peluncuran nuklir balistik baru-baru ini. Salah satu tembakan nuklir ini untuk menanggapi latihan Angkatan Laut Gabungan Korea Selatan dengan Amerika Serikat.

Selama dua pekan terakhir, tercatat Korut telah menembakkan tujuh nuklir balistik. Salah satunya, mengarah ke Jepang dan membuat negara tersebut mengeluarkan peringatan agar warganya berlindung.

Baca Juga: Korut Tembak Rudal ke Arah Jepang, Warga Diminta Berlindung 

1. Kim Jong Un kawal latihan yang menargetkan persiapan perang

Media pemerintah Korut, KCNA, menyebut latihan penembakkan ini menggunakan rudal balistik dengan hulu ledak nuklir tiruan.

“Latihan ini menyampaikan pesan kuat dan dilakukan untuk menargetkan lapangan udara musuh serta pelabuhan utama,” tulis KCNA, dikutip dari Channel News Asia, Senin (10/10/2022).

Kim Jong Un disebut mengawasi dan memandu langsung pelatihan unit operasi nuklir balistik, sejak 25 September 2022 hingga 9 Oktober 2022.

2. Korut tak perlu berdialog dengan musuh-musuhnya

Kim Jong Un Kawal Langsung Uji Coba Rudal Balistik TerbaruPemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. (dok. DPRK Embassy)

Kim juga menyebutkan Korut akan memperkuat program nuklir balistiknya dan tak perlu berdialog dengan musuhnya.

KCNA juga melaporkan adanya rudal baru hasil pengembangan Korut. Rudal tersebut ditembakkan pada 4 Oktober 2022.

“Pengembangan rudal baru ini ditujukan untuk memberikan peringatan lebih kuat dan jelas kepada musuh,” tulis laporan tersebut.

Baca Juga: Korut Tembakkan Rudal Balistik, Tanggapi Latihan Militer AS-Korsel

3. Latihan gabungan Korsel dan AS mengancam Korut

Korut juga menganggap latihan gabungan Korsel dan AS merupakan latihan untuk invasi, serta sangat mengancam negara komunis tersebut. 

Tampak saat memandu uji coba peluncuran rudal balistik tersebut, Kim Jong Un terlihat memakai jaket putih dan topi. Ia menyaksikan langsung rudal balistik ditembakkan, didampingi istrinya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya