KJRI Sedang Cari Keberadaan Dosen UII yang Hilang di Istanbul 

KJRI Istanbul berkoordinasi dengan pihak bandara dan polisi

Jakarta, IDN Times - Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha menegaskan, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul telah menerima pengaduan hilangnya WNI bernama Ahmad Munasir Rafie Pratama.

Ahmad merupakan dosen dari Universitas Islam Indonesia (UII) yang mengikuti aktivitas kunjungan ke Oslo, Norwegia. Ia dilaporkan hilang di Istanbul dalam perjalanan pulang ke Indonesia.

Rombongan UII ini terakhir kali bertemu dengan Ahmad pada 11 Februari 2023 di Oslo. Ahmad memang mengambil rute perjalanan berbeda untuk pulang ke Indonesia.

Baca Juga: WNI Dilaporkan Hilang di Istanbul Usai Pulang dari Norwegia

1. KJRI telah berkoordinasi dengan kepolisian setempat

Judha mengatakan, KJRI Istanbul kini telah berkoordinasi dengan kepolisian setempat guna melacak keberadaan Ahmad.

“KJRI telah menerima pengaduan ini dan KJRI telah berkoordinasi dengan kepolisian setempat, pihak bandara dan maskapai untuk mencari keberadaan yang bersangkutan,” kata Judha, dalam keterangannya, Sabtu (18/2/2023).

2. Tidak ada nama Ahmad dalam manifes penerbangan

KJRI Sedang Cari Keberadaan Dosen UII yang Hilang di Istanbul istanbul airport (unsplash.com/Artem Bryzgalov)

Ahmad mengirimkan pesan terakhir kepada istrinya pada 12 Februari 2023 siang hari, beberapa saat sebelum menaiki pesawat ke Istanbul yang berbunyi, ‘menunggu boarding’.

Sejak saat itu, Ahmad tidak pernah mengirimkan pesan lagi. Beragam upaya mengontak melalui beragam kanal daring, termasuk email diupayakan, tetapi belum satupun yang direspons oleh Ahmad.

Menurut informasi lisan yang diberikan Ahmad dan dikuatkan dengan pesan WhatsApp kepada sang Istri, Ahmad seharusnya mendarat di Jakarta pada 16 Februari 2023 pukul 18.00.

Adik Ahmad menunggu di pintu kedatangan dan tidak mendapati yang bersangkutan. Setelah melakukan konfirmasi ke Angkasa Pura, nama Ahmad tidak ada dalam manifes penerbangan tersebut.

Baca Juga: KBRI Cari Dua WNI Hilang di Lokasi Gempa Turki

3. Sempat ada aktivitas daring di Istanbul pada 13 Februari 2023

KJRI Sedang Cari Keberadaan Dosen UII yang Hilang di Istanbul gambar Istanbul International Airport (instagram.com/zaya_bodiat)

Dilaporkan, perjalanan Ahmad ke Riyadh dilakukan karena sebagian tiket dibayar oleh panitia konferensi di Arab Saudi yang mengharuskan rute tersebut. Sebelum ke Oslo, Ahmad memberikan pidato kunci pada konferensi internasional yang digelar di Jeddah. 

UII juga telah menghubungi Turkish Airlines di Oslo untuk memastikan bahwa Ahmad telah naik pesawat. Keluarga Ahmad sudah melaporkan ke kepolisian secara resmi.

Karena ketiadaan nomor referensi pemesanan tiket, pelacakan tidak mudah dilakukan. Pelacakan juga dilakukan dengan memindai aktivitas daring. Terdapat jejak aktivitas daring di Turki pada 13 Februari 2023 sekitar pukul 03.00 dan 08.00. Setelah itu, tidak ada jejak daring yang dapat dilacak.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya