Korban Longsor Genting Highlands Malaysia Jadi 19 Orang 

14 orang hilang masih dalam pencarian

Jakarta, IDN Times - Korban tewas tanah longsor di Genting Highlands, Selangor, Malaysia bertambah menjadi 19 orang. Tanah longsor ini menimbun perkemahan di Father’s Organic Farm di Gohtong Jaya.

Tim penyelamat hingga saat ini masih menyisir lumpur tebal dan pepohonan yang tumbang untuk mencari 14 orang yang masih hilang, di antaranya adalah empat anak-anak.

Baca Juga: Longsor di Genting Highlands Malaysia, 13 Orang Tewas

1. Lebih dari 700 orang terlibat dalam pencarian

Dilansir dari Channel News Asia, Jumat (16/12/2022), lebih dari 700 orang terlibat dalam upaya pencarian dan penyelamatan.

Sementara itu, semua jasad korban tewas tanah longsor ini dibawa ke Rumah Sakit Sungai Buloh.

Baca Juga: Pemerintah Pulangkan 92 WNI Bermasalah dari Malaysia 

2. Dilaporkan 61 orang selamat

Kementerian Pembangunan Daerah Malaysia mengatakan bahwa setidaknya 61 orang telah berhasil diselamatkan, dari total 94 orang yang terjebak di timbunan tanah longsor.

Menurut laporan yang diterima, sebanyak 51 orang dewasa dan 30 anak-anak tercatat menginap di perkemahan. Namun, Menteri Pembangunan Daerah Malaysia Nga Kor Ming menyatakan bahwa pemilik perkemahan tidak memiliki izin untuk menggelar kegiatan berkemah.

Baca Juga: Gaet Wisatawan Indonesia, Malaysia Dorong Penerbangan Ditambah 

3. Panggilan darurat pada dini hari tadi

Bencana tanah longsor ini diduga terjadi pada sekitar pukul 02.24 dini hari tadi atau mungkin sebelum itu. Tanah longsor ini merobohkan lereng bukit sekitar 30 meter di atas perkemahan dan menimbun area seluas 0,4 hektar.

Direktur Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Selangor mengatakan, timnya mulai tiba di lokasi sekitar pukul 03.00 setelah mendapat panggilan darurat 30 menit sebelumnya.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya