Korban Tewas Jembatan Ambruk India Jadi 141 Orang 

Masih banyak orang terjebak di sungai bawah jembatan

Jakarta, IDN Times - Korban tewas akibat runtuhnya jembatan di Gujarat, India, bertambah hingga 141 orang. Jumlah korban tewas pun diperkirakan akan bertambah seiring masih banyak orang dilaporkan hilang.

Jembatan ini ambruk karena terlalu banyaknya orang-orang yang berada di jembatan tersebut untuk merayakan Festival Diwali.

1. Lebih dari 177 orang telah diselamatkan

Dilansir dari NDTV, Selasa (1/11/2022), polisi, militer dan tim tanggap bencana masih melakukan upaya penyelamatan orang-orang yang berada di sungai, di bawah jembatan tersebut.

Saat ini, setidaknya 177 orang telah berhasil diselamatkan.

“Banyak anak-anak menikmati liburan Diwali dan mereka datang ke sini untuk rekreasi. Semuanya jatuh karena jembatan kelebihan beban,” kata seorang saksi mata.

Baca Juga: Sejarah Jembatan Gujarat yang Ambruk, Dibuka saat Era Inggris di India

2. Jembatan dibangun di era kolonial Inggris

Korban Tewas Jembatan Ambruk India Jadi 141 Orang Jembatan yang ambruk di Morbi, Gujarat India, Minggu (30/10/2022), saat masih berdiri. (Screenshot Google Maps)

Jembatan gantung yang runtuh adalah jembatan penyeberangan yang berusia hampir 150 tahun. Jembatan itu melewati Sungai Maccu du kota Morbi, negara bagian Gujarat, India.

Jembatan penyeberangan itu dibangun pada era kolonial pemerintahan Inggris dan dikenal secara lokal sebagai Julto Pool. Jembatan membentang sepanjang 230 meter dan runtuh sekitar pukul 18:40 waktu setempat.

Dilaporkan sebanyak 400 orang berada di struktur tersebut. Lebih dari 80 orang telah diselamatkan. Insiden kecelakaan terjadi hanya beberapa hari usai jembatan itu dibuka setelah perbaikan.

3. Jembatan pernah terkena gempa

Korban Tewas Jembatan Ambruk India Jadi 141 Orang Jembatan ambruk di Morbi, Gujarat India, Minggu (30/10/2022) (Screenshot tayangan video TV 24 News)

Sebelum tragedi pada Minggu (30/10/2022), jembatan ini juga pernah diguncang gempa besar pada 2001.

Jembatan sepanjang 230 meter tersebut dibangun dengan ketinggian 765 kaki (setara 233,2 meter). Jembatan ini pertama kali dibuka pada 20 Februari 1879, oleh Gubernur Mumbai Richard Temple. Material pembangunan jembatan yang menghubungkan Mahaprabhuji dan Samakantha ini semua didatangkan dari Inggris.

Baca Juga: Jembatan Baru Selesai Renovasi Ambruk, Wapres India Sampaikan Duka

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya