Korut Menggila! Tembakkan 250 Peluru Artileri ke Laut  

Korsel sebut Korut terus lakukan provokasi

Jakarta, IDN Times - Korea Utara (Korut) dilaporkan melepaskan peluru artileri ke arah lepas pantai timur dan barat pada Selasa (18/10/2022).

“Korut menembak sekitar 100 peluru artileri ke laut lepas pantai barat sekitar pukul 22.00 malam dan 150 peluru lagi ke lepas pantai timurnya,” kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (Korsel).

1. Korsel meminta Korut menghentikan provokasi

Korut Menggila! Tembakkan 250 Peluru Artileri ke Laut  Prajurit AS (USFK) dan Korsel dalam sebuah latihan militer di Korea Selatan. twitter.com/USForcesKorea

Korsel segera meminta Korut untuk menghentikan tindakan yang mereka sebut sebagai provokasi itu.

“Kami sangat mendesak Korut untuk segera menghentikan tindakannya,” ucap militer Korsel, dikutip dari Channel News Asia, Rabu (19/10/2022).

“Provokasi Korut yang terus berlanjut adalah tindakan yang merusak perdamaian dan stabilitas Semenanjung Korea dan komunitas internasional,” lanjut pernyataan itu.

Baca Juga: China dan Rusia Tolak Pertemuan DK PBB soal Korut 

2. Korsel memulai latihan pertahanan

Korut Menggila! Tembakkan 250 Peluru Artileri ke Laut  Salah satu pos penjagaan milik Militer Korea Selatan di Perbatasan DMZ Korsel-Korut. twitter.com/DavidWilding271

Tembakan 250 peluru artileri ini terjadi setelah pasukan Korsel memulai latihan pertahanan tahunan atau latihan Hoguk pada Senin (17/10/2022).

Latihan ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menanggapi ancaman tembakan rudal balistik Pyongyang.

Latihan ini akan berakhir pada Sabtu pekan ini, dan merupakan latihan lanjutan dari latihan gabungan bersama Amerika Serikat dan Jepang.

3. Korut sempat tembak rudal ke arah Jepang

Pada awal Oktober 2022, Korut sempat menguji rudal balistik ke arah Jepang. Uji coba ini membuat pemerintah Jepang meminta warganya berlindung, terutama yang tinggal di Hokkaido dan Aomori.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan dan penjaga pantai Jepang melaporkan bahwa uji coba rudal dilakukan di pantai timur Korut.

Korsel meyakini rudal yang ditembakkan ini merupakan rudal jarak menengah. Korut disebut beberapa kali meluncurkan uji coba rudal, termasuk beberapa rudal yang diklaim sebagai rudal hipersonik.

Baca Juga: 10 Pesawat Militer Korut Terbang Dekat Perbatasan, Korsel Kirim Jet

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya