Korut Rayakan HUT ke-75, Pejabat China-Rusia Hadir

Korut bakal eratkan relasi dengan China-Rusia

Jakarta, IDN Times - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un merayakan peringatan hari berdirinya Korut yang ke 75 tahun dengan menggelar parade militer dan pesta di pusat kota Pyongyang pada Jumat (8/9/2023) kemarin.

Dilansir dari Channel News Asia, Sabtu (9/9/2023), acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi China dan Rusia. Dari China, delegasi dipimpin oleh Wakil Perdana Menteri Dewan Negara, Liu Guozhong.

Kim dan para tamunya menikmati petunjukkan parade di Lapangan Kim Il Sung, di ibu kota Pyongyang. Kim terlihat didampingi oleh putrinya, Kim Ju Ae. 

1. Eratkan hubungan dengan China dan Rusia

Dalam peringatan HUT Korut ini, Kim menyatakan bahwa Korut akan terus meningkatkan hubungan kerja sama dengan China dan Rusia.

Diketahui pula bahwa rombongan nyanyian dan tarian militer khas Rusia turut merayakan hari jadi Korut ini. Dilaporkan, ada sejumlah diplomat Rusia yang hadir.

Presiden China Xi Jinping juga dikabarkan telah mengirim surat yang berisi kesediaannya untuk memperkuat komunikasi dan kerja sama strategis.

Baca Juga: Presiden Korsel Ajak ASEAN untuk Perjuangkan Denuklirisasi Korut

2. Putin kirim surat ke Kim Jong Un

Korut Rayakan HUT ke-75, Pejabat China-Rusia HadirPotret pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un (kiri) dan Presiden Rusia, Vladimir Putin (twitter.com/DPRK_KFAGreece)

Selain Xi Jinping, Presiden Rusia Vladimir Putin juga mengirimkan surat kepada Kim Jong Un. Putin menegaskan Rusia akan memperluas hubungan bilateralnya dengan Korut untuk menjamin keamanan dan stabilitas di Semenanjung Korea dan Asia Timur.

“Semua penonton memberikan penghormatan tertinggi dan terima kasih untuk pemimpin Kim,” sebut laporan dari KCNA.

3. Korut adakan parade tiga kali dalam setahun

Korut Rayakan HUT ke-75, Pejabat China-Rusia Hadirledakan dalam Perang Korea (Dok. U.S. Department of Defense)

Acara Jumat kemarin menandai ketiga kalinya negara bersenjata nuklir tersebut mengadakan parade tahun ini.

Sebelumnya, Korut menggelar parade dengan memamerkan persenjataan nuklir paling canggih pada akhir Juli kemarin untuk memperingati Perang Korea 1950-1953.

Baca Juga: Korut Luncurkan Dua Rudal Balistik dengan Tiruan Hulu Ledak Atom

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya