Kurangnya Data COVID-19 China Persulit Kelola Kasus

Virus COVID-19 di China saat ini sedang melonjak tinggi

Jakarta, IDN Times - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengatakan kurangnya data COVID-19 di China membuat Negeri Tirai Bambu kesulitan mengelola kasus virus tersebut menjelang Tahun Baru Imlek dua pekan lagi.

Virus COVID-19 di China langsung melonjak setelah pembatasan terkait penyebaran virus tersebut dicabut. Warga China pun saat ini sudah diperbolehkan berwisata ke negara lain.

1. WHO belum punya data lengkap dari China

Kurangnya Data COVID-19 China Persulit Kelola KasusBendera berkibar di kantor pusat WHO di Jenewa, Swiss (who.int)

Dilansir dari Channel News Asia, Kamis (12/1/2023), WHO mengaku, hingga saat ini, masih belum memiliki cukup data dan informasi dari China untuk membuat penilaian penuh terkait lonjakan virus tersebut.

"Kami telah bekerja dengan rekan-rekan di China," kata Direktur Departemen Siaga dan Respons WHO, Abdi Rahman Mahamud.

Abdi mengungkapkan, China telah memiliki strategi terkait pergerakan warganya ke sejumlah daerah dari yang berisiko tinggi hingga ke berisiko rendah.

"Tapi untuk memahami lonjakan kasus di China, kami butuh data itu," tuturnya.

Baca Juga: Makin Lengket, Rusia-China Latihan Militer Bersama di Laut China Timur

2. China hapus aturan karantina

Kurangnya Data COVID-19 China Persulit Kelola KasusIlustrasi COVID-19 di Tiongkok (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Per 8 Januari 2023 kemarin, China telah menghapus aturan karantina untuk para pengunjung yang ingin masuk ke negara tersebut.

Selain itu, China juga menghapus wajib tes antigen atau PCR per dua hari sekali, untuk warganya yang tidak bisa bekerja dari rumah.

Namun dengan longgarnya kebijakan di China ini, sejumlah negara pun menerapkan aturan baru yakni mewajibkan tes PCR untuk para pelancong dari China, baik itu warga China, warga asing maupun warga negaranya sendiri.

3. China tidak melaporkan angka kematian

Kurangnya Data COVID-19 China Persulit Kelola KasusSeorang pekerja memakai masker pelindung dan pelindung wajah saat tur media yang diselenggarakan pemerintah di Rumah Sakit Tongji menyusul penyebaran penyakit virus korona (COVID-19), di Wuhan, provinsi Hubei, China, Kamis (3/9/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song

WHO juga mengatakan bahwa China tidak melaporkan angka kematian akibat COVID-19. Informasi yang diberikan saat ini juga sangat minim.

Selama sebulan terakhir, otoritas kesehatan China melaporkan hanya ada lima kematian di China.

Baca Juga: Jokowi Bantah Konflik China-AS Meluas ke Laut China Selatan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya