Lagi, KBRI Phnom Penh Selamatkan 34 WNI Korban Loker Bodong 

Masih terjadi lagi penipuan lowongan kerja

Jakarta, IDN Times - KBRI Phnom Penh kembali menyelamatkan 34 Warga Negara Indonesia (WNI) yang terjerat lowongan kerja bodong di Kamboja.

KBRI bekerja sama dengan kepolisian Kamboja membebaskan 34 WNI tersebut yang mengaku disekap oleh sebuah perusahaan online scam di Poipet, Kamboja.

Baca Juga: 934 WNI Jadi Korban Lowongan Kerja Bodong di Luar Negeri 

1. KBRI Phnom Penh terus menerima pengaduan

Lagi, KBRI Phnom Penh Selamatkan 34 WNI Korban Loker Bodong WNI kloter kedua korban penipuan loker bodong Kamboja (dok. Kemlu RI)

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha, mengatakan, mayoritas dari 34 WNI ini berasal dari Sulawesi Utara.

“Pada 8 Desember 2022, KBRI menerima pengaduan dari salah satu WNI yang disekap ini. KBRI berkoordinasi dengan otoritas setempat berhasil membebaskan 34 WNI ini,” kata Judha, dalam keterangannya, Sabtu (10/12/2022).

Ke-34 WNI tersebut saat ini berada di Kantor Kepolisian Poipet dan sedang menjalani wawancara untuk proses penyelidikan.

“Proses ini diperkirakan selesai dalam waktu satu minggu, sebelum mereka diserahkan kepada KBRI Phnom Penh untuk proses repatriasi,” lanjut dia.

Baca Juga: WNI Korban Penipuan Loker Bodong Kamboja jadi 505 Orang

2. Sebanyak 679 WNI sudah diselamatkan

Lagi, KBRI Phnom Penh Selamatkan 34 WNI Korban Loker Bodong 10 WNI yang diduga menjadi korban TPPO di Kamboja saat sudah di Indonesia, Selasa (15/11/2022). IDNTimes/Istimewa

Kasus WNI yang menjadi korban perusahaan online scam atau penipuan di Kamboja terus meningkat.

“Sejak 2020 hingga Oktober 2022, tercatat 679 WNI berhasil diselamatkan dan dipulangkan. Namun kasus baru masih terus bermunculan,” ucap Judha.

Tak hanya di Kamboja, penipuan lowongan kerja yang menjerat WNI juga ada di Myanmar, Thailand, Filipina dan Laos.

Baca Juga: 17 WNI Selamat dari Pembajakan Kapal Tanker di Pantai Gading

3. Kemlu meminta WNI berhati-hati jika menerima tawaran pekerjaan

Lagi, KBRI Phnom Penh Selamatkan 34 WNI Korban Loker Bodong Contoh lowongan kerja palsu yang merekrut WNI ke Kamboja. (dok. Migrant Care)

Judha kembali mengingatkan agar para WNI yang menerima tawaran lowongan kerja di luar negeri berhati-hati dan menyelidiki terlebih dahulu tentang lowongan kerja yang diterima.

“Diperlukan langkah tegas untuk pencegahan sejak dari hulu oleh pihak-pihak terkait di Indonesia termasuk pemerintah daerah,” sambungnya.

Pencegahan tersebut antara lain dengan memastikan keberangkatan pekerja migran sesuai prosedur dan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai modus penipuan kerja ke luar negeri melalui jaringan media sosial.

Baca Juga: Selain Kamboja, WNI Tertipu Lowongan Kerja Bodong Tersebar di 4 Negara

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya