Laos Tunjuk Utusan Khusus Bantu Selesaikan Isu Myanmar

Laos jabat keketuaan ASEAN 2024

Jakarta, IDN Times - Laos telah menunjuk seorang diplomat veteran sebagai utusan khusus ASEAN untuk Myanmar. Laos sendiri menjabat sebagai Ketua ASEAN 2024, setelah menerima palu keketuaan dari Indonesia.

Dilansir Thai PBS World, Rabu (10/1/2024), ialah Alounkeo Kittikhoun, sebagai utusan khusus ASEAN untuk Myanmar. Ia ditunjuk oleh Menteri Luar Negeri Laos Saleumxay Kommasith. Kittikhoun sudah mulai bertugas per 1 Januari 2024 kemarin.

Selain itu, pada 28-29 Januari nanti, dijadwalkan bakal digelar pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN di Luang Prabang, Laos.

Baca Juga: Jadi Ketua ASEAN 2024, Laos Janji Lanjutkan Pencapaian Indonesia

1. Laos serius tangani konflik Myanmar

Sementara itu, Laos menyatakan serius untuk menangani konflik Myanmar dan melanjutkan apa yang sudah dilakukan ketua-ketua sebelumnya yakni Indonesia, Kamboja, dan Brunei.

Laos akan menjunjung tinggi komitmen ASEAN membantu Myanmar dalam menemukan solusi politik dan inklusif.

2. Myanmar dan Rohingya jadi perhatian Indonesia

Laos Tunjuk Utusan Khusus Bantu Selesaikan Isu MyanmarMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam PPTM 2024 di Museum KAA, Bandung. (IDN Times/Sonya Michaella)

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi menegaskan, perkembangan konflik Myanmar menjadi perhatian Indonesia, meski kini sudah tidak menjabat menjadi ketua ASEAN.

“Perkembangan di Myanmar tentu terus menjadi perhatian Indonesia. Selama keketuaan Indonesia di ASEAN, lebih dari 265 engagements telah dilakukan dengan stakeholders isu Myanmar untuk dorong kemajuan implementasi Lima Poin Konsensus,” kata Retno, dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri 2023, di Bandung, Senin lalu.

“Komitmen Indonesia untuk membantu Myanmar keluar dari krisis goes beyond our chairmanship,” lanjut dia.

3. Stabilitas di Myanmar jadi kunci penyelesaian isu Rohingya

Laos Tunjuk Utusan Khusus Bantu Selesaikan Isu MyanmarSejumlah imigran Rohingya dikumpulkan di tenda darurat usai terdampar di Desa Karang Gading, Labuhan Deli, Deli Serdang, Sumatera Utara, Senin (1/1/2024). (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)

Retno juga mengangkat isu Rohingya yang akhir-akhir ini disorot lantaran mereka mendarat di Aceh, pada akhir 2023 lalu.

“Demokrasi dan stabilitas di Myanmar akan menjadi kunci penyelesaian isu Rohingya, agar mereka dapat kembali ke rumah mereka secara bermartabat,” ucap Retno.

“Isu Rohingya ini, secara khusus saya bahas dengan Komisioner Tinggi UNHCR di Jenewa Desember lalu. Saya tekankan bahwa diperlukan sebuah kerja sama yang kuat antara negara kawasan dan badan-badan PBB untuk menyelesaikan pengungsi Rohingya,” tutur dia lagi.

Perpindahan lanjutan pengungsi Rohingya atau secondary movement akhir-akhir ini diduga kuat terjadi karena kejahatan TPPO.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya