Media Asing Soroti Aksi RI Kirim Kapal Perang ke Natuna Pantau China

Coast guard China mondar-mandir di Natuna sejak akhir 2022

Jakarta, IDN Times - Sejumlah media asing kini sedang menyoroti Indonesia yang mengirim kapal perang ke Laut Natuna Utara untuk memantau kapal China yang diketahui lalu-lalang di perairan tersebut.

Sejak 30 Desember 2022 lalu, sejumlah kapal penjaga pantai China, CCG 5901 dilaporkan terlihat berlayar di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Laut Natuna Utara.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali mengirimkan sejumlah alutsista seperti kapal perang, pesawat pemantau udara dan drone untuk memantau situasi terkini.

1. Media asing melaporkan RI kirim kapal perang ke Natuna

Sejumlah media asing seperti CNN, Al Jazeera, Reuters, dan ABC Australia merilis laporan bahwa Indonesia mengirim kapal perang ke perairan Natuna untuk memantau kapal China yang wara-wiri ini.

Seperti ABC Australia bahkan menulis laporan dengan judul ‘Indonesia kirim kapal perang memantau kapal China di Laut Natura Utara'.

Laut Natuna Utara ini memang diklaim China sebagai wilayahnya, walaupun tidak diakui secara hukum internasional.

Baca Juga: KSAL Kirim KRI untuk Monitor The Monster China di Laut Natuna Utara

2. Kapal asing boleh melintas ZEE Natuna Utara

Sementara itu, Ali mengatakan bahwa kapal asing berhak melintas di wilayah ZEE perairan di Natuna Utara.

"Jadi, mereka memiliki freedom of navigation di sana," tuturnya.  

Lebih lanjut, di wilayah ZEE itu nelayan tidak hanya akan melihat kapal penjaga perbatasan China. Di titik tersebut juga bakal ditemukan Coast Guard Vietnam dan kapal penangkap ikan dari Vietnam. 

Baca Juga: TNI AL Tangkap 2 Kapal Vietnam di Natuna Utara, Curi 15 Ton Ikan

3. Kapal coast guard China terbesar yang ada di perairan Natuna

Media Asing Soroti Aksi RI Kirim Kapal Perang ke Natuna Pantau ChinaIlustrasi kapal coast guard Tiongkok di ZEE Natuna Utara (Dokumentasi Bakamla)

Kapal China yang berada di perairan Natuna Utara ini disebut sebagai ‘The Monster’ karena merupakan kapal penjaga perbatasan pantai terbesar di dunia. Akhir Desember 2022 lalu, kapal ini terlacak ada di utara Provinsi Kepulauan Riau.

Namun, hingga kini, IDN Times belum mendapatkan jawaban Kedutaan Besar China di Jakarta terkait tujuan pengiriman coast guard terbesarnya ke perairan Natuna tersebut.

 

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya