Menlu Retno: Indonesia Cari Jalan untuk Kirim Bantuan ke Palestina 

Indonesia terus konsisten bela Palestina

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi menyatakan,7 Indonesia akan terus mencari jalan guna menyalurkan bantuan kepada warga Palestina.

“Kami terus mencari jalan, agar bantuan kemanusiaan ini dapat terus dilakukan melalui berbagai macam cara,” kata Retno, di Kompleks Parlemen Senayan, dikutip ANTARA, Rabu (3/4/2024).

Retno menambahkan, saat ini berbagai bantuan kemanusiaan yang disalurkan ke Palestina, dihambat oleh Israel.

“Dukungan masyarakat Indonesia diperlukan untuk bersatu dengan pemerintah dalam memperjuangkan dan membantu bangsa Palestina,” ujar Retno.

1. Retno hadiri silahturahmi dengan perwakilan imam Palestina

Sementara itu, Retno menghadiri kegiatan silahturahmi dan buka puasa bersama pimpinan MPR RI serta perwakilan imam Palestina.

“Silahturahmi ini penting untuk memperkuat kembali komitmen mendukung perjuangan bangsa Palestina. Ini tidak mudah, jalan yang ditempuh akan sangat berat dan masih akan berat,” tutur dia.

Baca Juga: Konsisten Bela Palestina, Menlu Retno Dapat Penghargaan

2. Retno dapat penghargaan dari dubes negara Arab karena konsisten bela Palestina

Menlu Retno: Indonesia Cari Jalan untuk Kirim Bantuan ke Palestina Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mendapat penghargaan dari duta besar negara Arab karena perjuangannya membela Palestina. (dok. Kemlu RI)

Kemarin, Retno menerima kunjungan para Duta Besar dan perwakilan dari Kedutaan Besar Negara-negara Arab untuk Indonesia di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta.

Pertemuan berlangsung lebih dari satu jam dan membahas perkembangan Palestina, terutama Gaza. Dalam pertemuan, para duta besar menyampaikan penghargaan yang tinggi atas kepemimpinan Indonesia dalam isu Palestina.

Para Duta Besar memperhatikan dengan seksama semua langkah yang telah dilakukan selama ini oleh Indonesia untuk isu Palestina. Penghargaan tersebut antara lain disampaikan oleh Dubes Palestina untuk Indonesia, Zuhair S.M. AlShun.

“Seluruh rakyat Indonesia terlibat dalam mendukung perjuangan Palestina. Saya hargai keaktifan Anda di berbagai organisasi internasional dalam memperjuangkan Palestina,” kata Al Shun, dalam keterangan Kemlu RI.

3. Pentingnya kesatuan sikap soal Palestina

Menlu Retno: Indonesia Cari Jalan untuk Kirim Bantuan ke Palestina Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mendapat penghargaan dari duta besar negara Arab karena perjuangannya membela Palestina. (dok. Kemlu RI)

Sementara itu, Retno mengingatkan pentingnya kesatuan sikap dan posisi dalam perjuangan bangsa Palestina, serta memiliki tanggung jawab moral untuk mendukung Palestina. Retno juga membahas lagi soal resolusi Dewan Keamanan PBB soal gencatan senjata di Gaza.

“Indonesia menyambut baik Resolusi tersebut. Namun demikian kita semua memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan Resolusi tersebut dapat diimplementasikan dan dihormati oleh Israel," kata Retno.

Lebih lanjut, Retno menyampaikan sudah banyak Resolusi Dewan Keamanan PBB mengenai Palestina. Jika Resolusi-resolusi tersebut diimplementasikan, situasi Palestina tidak akan seperti saat ini.

Baca Juga: Menlu Retno Kecam Wacana Israel Gunakan Nuklir di Gaza

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya