Menlu Retno: Polugri Indonesia Bukan Transaksional

Kemlu RI helat PPTM 2024 di Bandung

Bandung, IDN Times - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi menegaskan bahwa politik luar negeri Indonesia bukan politik luar negeri yang transaksional. Hal ini ia tegaskan dalam Pernyataan Pers Menteri Luar Negeri RI (PPTM) 2024.

“Diplomasi Indonesia dijalankan secara well-measured, well-calculated, action-oriented, result-oriented; namun di saat yang sama terus menjunjung tinggi nilai dan prinsip yang tidak tergoyahkan. Politik luar negeri Indonesia bukan politik luar negeri yang transaksional,” kata Retno, di Museum Konferensi Asia Afrika (KAA), Bandung, Senin (8/1/2024).

Retno menegaskan, polugri Indonesia dijalankan di tengah dunia yang penuh tantangan dan ketidakpastian.

“Menyikapi dinamika tersebut Politik Luar Negeri Indonesia dijalankan secara konsisten berdasarkan prinsip bebas aktif, berkiblat kepada kepentingan nasional dan berkontribusi bagi perdamaian dunia sesuai mandat konstitusi,” ucap Retno.

1. PPTM 2024 perdana digelar di Museum KAA

Menlu Retno: Polugri Indonesia Bukan TransaksionalGedung KAA di Bandung. (IDN Times/Sonya Michaella)

PPTM 2024 ini digelar berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk pertama kalinya, PPTM digelar di Museum KAA di Bandung, Jawa Barat.

"Gedung ini sarat sejarah bagi perjalanan diplomasi Indonesia dan bagi dunia. Enam puluh sembilan tahun lalu, tahun 1955, gedung ini menjadi saksi centre of gravity berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika," ungkap Retno.

"Sebuah Konferensi yang menggugah negara-negara yang dijajah untuk merdeka; yang meneguhkan kesetaraan antar negara; yang membangkitkan solidaritas “the Global South”; yang menjadi embrio Gerakan Non-Blok; dan yang menekankan pentingnya penghormatan terhadap Piagam PBB dan hukum internasional," lanjut Retno.

Baca Juga: Menlu Retno: Kapal Rumah Sakit RI ke Gaza Sedang Disiapkan

2. Semangat KAA terus dibawa di diplomasi Indonesia

Menlu Retno: Polugri Indonesia Bukan TransaksionalMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam PPTM 2024 di Museum KAA, Bandung. (IDN Times/Sonya Michaella)

Retno melanjutkan, semangat, prinsip, dan ruh Konferensi Asia-Afrika (KAA) terus dibawa diplomasi Indonesia sampai sekarang, termasuk selama pemerintahan Presiden Joko Widodo selama hampir 10 tahun ini.

"Dengan spirit dan prinsip KAA inilah Indonesia mampu berdiri tegak jalankan menjalankan Polugri Bebas Aktif, berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas & kemakmuran dunia, termasuk saat keketuaan IORA 2017; keanggotaan di Dewan Keamanan PBB 2019-2020; selama Presidensi G20 tahun 2022; dan Keketuaan ASEAN 2023," ucap Retno.

3. Dunia apresiasi kepemimpinan Indonesia

Menlu Retno: Polugri Indonesia Bukan TransaksionalMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Sidang Darurat PBB soal Palestina. (dok. Kemlu RI)

Retno mengungkapkan, dunia mengapresiasi kepemimpinan Indonesia yang selalu menjembatani perbedaan, selalu menghormati prinsip dan selalu menjadi bagian dari solusi permasalahan dunia.

"Berbekal spirit KAA ini pula, Indonesia secara konsisten berdiri tegak bersama bangsa Palestina memperjuangkan hak-haknya serta melawan kekejaman dan penjajahan Israel. Indonesia memilih berada di sisi sejarah yang benar untuk membela kemanusiaan dan keadilan bagi bangsa Palestina," tuturnya. 

Baca Juga: Menlu Retno: KBRI/KJRI Tak Ambil Kebijakan dalam Proses Pemilu

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya