Menlu Retno: Total 949 WNI Sudah Dievakuasi dari Sudan  

Hari ini ada pemulangan WNI ke Indonesia tahap keempat

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengonfirmasi, sampai hari ini, terhitung ada 949 Warga Negara Indonesia (WNI) yang berhasil dievakuasi dari Sudan.

Memasuki minggu ketiga, konflik antara militer Sudan dan paramiliter Rapid Support Forces (RSF) masih membara hingga saat ini.

"Rinciannya adalah 930 orang dievakuasi via Jeddah, 13 orang dari Mesir, dan 6 orang dievakuasi dari Uni Emirat Arab. Sedangkan, total WNI yang telah dipulangkan ke Indonesia berjumlah 829, semuanya dari Jeddah," kata Retno, dalam keterangannya, Selasa (2/5/2023).

Baca Juga: 42 Warga NTB Korban Perang Sudan Dipulangkan dalam 3 Kloter ke Lombok 

1. Pemulangan tahap keempat hari ini

Menlu Retno: Total 949 WNI Sudah Dievakuasi dari Sudan  PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menjemput warga negara Indonesia (WNI) penyintas konflik Sudan di Bandara Internasional Soekarno Hatta menuju Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur (dok. TransJakarta)

Retno mengungkapkan, WNI yang dipulangkan tahap keempat ke Indonesia akan tiba hari ini.

"Pemulangan tahap keempat dijadwalkan tiba di Jakarta pada 2 Mei 2023 dengan Garuda Indonesia, rencananya sebanyak 100 WNI," ucap Retno lagi.

"Kita patut bersyukur, proses evakuasi WNI dapat dijalankan dengan baik di tengah banyak negara yang masih berusaha mengevakuasi warga negaranya dari Sudan. Pada kesempatan ini, saya ingin sampaikan penghargaan dan terima kasih kepada pemerintah Mesir dan Persatuan Emirat Arab yang telah membantu evakuasi beberapa WNI keluar dari Sudan," lanjut dia.

2. Ada 6 WNI yang pulang mandiri

Menlu Retno: Total 949 WNI Sudah Dievakuasi dari Sudan  Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (Dok. Youtube Kemlu RI)

Selain itu, Retno juga merinci pemulangan WNI ke Indonesia, dalam tiga tahap yang sudah dilakukan sebelumnya.

"Sebelumnya, ada tiga tahap pemulangan WNI. Rinciannya, tahap pertama 385 orang tiba pada 28 April dengan Garuda Indonesia, tahap kedua 363 orang tiba pada 30 April, dan tahap ketiga 75 orang tiba pada 1 Mei dengan pesawat TNI AU," ungkap Retno.

Sementara, ada 6 WNI yang mengatur kepulangannya secara mandiri.

3. Tercatat 528 orang tewas akibat konflik

Menlu Retno: Total 949 WNI Sudah Dievakuasi dari Sudan  Kondisi Sudan di tengah konflik RSF dan militer. (dok. Twitter @UNHumanRights)

Sedikitnya 512 orang telah tewas dan lebih dari 4.200 orang terluka sejak konflik antara militer Sudan dan RSF pecah pada 15 April 2023 lalu. Konflik lalu menyebar ke wilayah Darfur.

Koneksi internet di Sudan juga dilaporkan diputus total. Meski ada pengumuman gencatan senjata, namun tembakan dan ledakan masih terdengar di penjuru Ibu Kota.

Selain internet diputus, masyarakat lokal maupun asing yang masih berada di Sudan juga mengaku kesulitan mencari makanan.

Baca Juga: 367 WNI Penyintas Konflik Sudan Dijemput 15 Bus TransJakarta

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya