Pemilu Filipina Dimulai Hari Ini, Anak Diktator Diprediksi Menang

Ferdinand Marcos Jr bersaing dengan Leni Robredo

Jakarta, IDN Times - Pemiilihan umum presiden Filipina dimulai hari ini, Senin (9/5/2022). Tempat pemungutan suara dilaporkan sudah dibuka sejak pukul 06.00 pagi dan akan ditutup pada 19.00 malam waktu setempat.

Masih menjadi favorit di Filipina yaitu Ferdinand Marcos Jr, atau yang biasa dipanggil Bongbong Marcos, anak dari diktator Filipina Ferdinand Marcos, yang berniat mengembalikan keluarganya ke puncak kekuasaan.

Baca Juga: Survei Pemilu Filipina: Anak Eks Diktator Marcos Memimpin Suara 

1. Warga mengantre sejak subuh

Pemilu Filipina Dimulai Hari Ini, Anak Diktator Diprediksi MenangIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Warga di seluruh penjuru provinsi di Filipina bakal memilih siapa presidennya pada hari ini, untuk menggantikan Rodrigo Duterte yang telah memimpin selama enam tahun.

Dilansir dari BBC, Senin (9/5/2022), warga di Filipina sudah mengantre sejak subuh untuk memberikan suara mereka.

Warga Filipina tidak hanya memberikan suara mereka untuk presiden, tetapi juga untuk wakil presiden, senator, legislator, dan ribuan pejabat di 7.600 pulau yang tersebar di FIlipina.

Lebih dari 60 ribu pasukan keamanan telah dikerahkan untuk melindungi surat suara dan petugas pemilu yang bertugas.

Baca Juga: 7 WNA Filipina di Sulut Diduga Korban Perdagangan Manusia

2. Bongbong Marcos diprediksi menang

Pemilu Filipina Dimulai Hari Ini, Anak Diktator Diprediksi MenangFerdinand Marcos Jr dalam kampanyenya sebagai calon presiden Filiphina (Instagram.com/Bongbong Marcos)

Sejumlah prediksi mengatakan bahwa Bongbong Marcos akan memenangkan pemilu tahun ini, meski lawannya cukup sulit yaitu Leni Robredo, wakil presiden saat ini.

Bongbong Marcos berpasangan dengan putri Duterte, Sara Duterte-Carpio. Namun pada hari kampanye terakhir para capres, Duterte tidak tampak menunjukkan dukungannya.

Dalam survei terbaru, ia mendapatkan suara terbanyak dari pada Robredo. Pada 2016 lalu, ia mencalonkan diri sebagai wakil presiden yang bersekutu dengan Duterte, namun ia kalah dari Robredo.

Bongbong meraih dukungan di atas 50 persen, sementara Leni Robredo mendapat 24 persen dari laporan survei itu.

Baca Juga: Duterte Tidak Akan Minta Maaf atas Setiap Kematian Bandar Narkoba

3. Kampanye dan hari pemungutan suara berjalan damai

Pemilu Filipina Dimulai Hari Ini, Anak Diktator Diprediksi MenangSolopos.com

Hari kampanye terakhir para capres, Sabtu (7/5/2022), ditutup dengan sangat meriah dengan adanya pertunjukkan kembang api, penyanyi dan selebriti. Titik keramaian dipusatkan di jantung kota Manila.

Polisi Filiina mengatakan, kampanye diwarnai aksi penembakan antara pendukung kandidat lokal di Provinsi Nueva Ecija dan Ilocos sur.

Namun, jika dibandingkan pada enam tahun yang lalu, pemilu tahun ini bisa dikatakan berjalan aman dan damai.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya