Pencarian WNI Korban Kapal China yang Tenggelam Dihentikan Besok 

China saat ini masih lakukan operasi pencarian terbatas

Jakarta, IDN Times - Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha mengatakan bahwa pencarian korban kapal pencari ikan berbendera China yang tenggelam di Samudra Hindia, bakal dihentikan besok.

Kapal tersebut mengangkut 39 Anak Buah Kapal (ABK), terdiri dari 17 WNI, 17 warga China dan 5 warga Filipina.

“Pemerintah China saat ini masih melakukan operasi pencarian terbatas selama 48 jam dan akan berakhir pada 25 Mei 2023, hari ke-10 sejak kapal dinyatakan terbalik pada 16 Mei 2023,” kata Judha, dalam keterangannya, Rabu (24/5/2023).

“Kita tunggu hasil akhir dari proses pencarian tersebut,” ungkap dia.

Baca Juga: Cari 17 WNI Hilang, Kemlu RI Kumpulkan Sampel DNA Keluarga 

1. Total 7 jenazah telah ditemukan

Pencarian WNI Korban Kapal China yang Tenggelam Dihentikan Besok Direktur Perlindungan WNI Kemenlu Judha Nugraha (Dokumentasi Kemenlu)

Dilansir Channel News Asia, setidaknya total 7 jasad telah ditemukan. Namun belum dipastikan kewarganegaraan mana saja dari jasad tersebut.

Kapal pencari ikan Lupeng Yuanyu 028 ini dimiliki perusahaan China, Penglai Jinglu Fisheries Co Ltd. Kapal Lupeng Yuanyu 028 ini berbasis di provinsi pantai timur Shandong.

Baca Juga: Kapal Pencari Ikan China Tenggelam, 17 WNI Hilang 

2. Indonesia ambil sampel DNA dari keluarkan 17 ABK WNI

Pencarian WNI Korban Kapal China yang Tenggelam Dihentikan Besok Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (PWNI) dan Badan Hukum Indonesia (BHI) Kementerian Luar Negeri Indonesia, Judha Nugraha (Dok. IDN Times/Istimewa)

Sementara itu, Indonesia memutuskan untuk mengambil sampel DNA keluarga dari 17 ABK WNI yang hilang akibat insiden tenggelamnya kapal ini.

“Untuk antisipasi, Kemlu telah berkoordinasi dengan Pusdokkes Polri untuk pengambilan sampel DNA keluarga,” kata Judha lagi.

Baca Juga: Jasad Korban Kapal Tenggelam di Jepang Bukan WNI 

3. Belum dirilis penyebab tenggelamnya kapal

Pencarian WNI Korban Kapal China yang Tenggelam Dihentikan Besok Ilustrasi kapal tenggelam. (ANTARA FOTO/M N Kanwa)

Sementara itu, penyebab tenggelamnya kapal ikan ini belum dapat dipastikan. Belum ada keterangan pula dari penjaga pantai terkait hilang kontak kapal tersebut.

China saat ini menjadi negara yang mengoperasikan armada penangkap ikan terbesar di dunia. Banyak kapal yang berlayar di laut selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, dengan didukung oleh badan maritim negara tersebut.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya