Penjara Malaysia Pastikan Tak Ada Fasilitas VIP untuk Najib Razak

Beredar hoaks soal tampilan mewah penjara Kajang

Jakarta, IDN Times - Penjara Kajang di Malaysia menegaskan tidak memberikan perlakuan khusus atau fasilitas VIP untuk eks Perdana Menteri Najib Razak.

Sebelumnya, ada unggahan di media sosial terkait fasilitas penjara yang mewah dan disebut merupakan fasilitas Penjara Kajang. Hal itu membuat rumor soal fasilitas mewah Najib terus menyeruak.

Najib sendiri kini telah mendekam di penjara akibat kasus korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB) yang menjeratnya.

1. Departemen Penjara Malaysia sebut ada penyebaran informasi palsu

Penjara Malaysia Pastikan Tak Ada Fasilitas VIP untuk Najib RazakEks Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak (ANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmetha)

Departemen Penjara Malaysia menegaskan bahwa foto-foto fasilitas mewah penjara yang disebut berada di Penjara Kajang itu adalah hoaks.

Dalam foto tersebut, terlihat satu sel penjara yang lengkap dengan rak, tiga tempat tidur dan meja. Namun ketika ditelusuri lebih lanjut, foto tersebut adalah penjara di Champ-Dollon, Swiss.

“Hentikan penyebaran informasi palsu,” kata departemen itu, dikutip dari Channel News Asia, Kamis (25/8/2022).

Baca Juga: Eks Perdana Menteri Malaysia Najib Razak Divonis 12 Tahun Penjara

2. Tak ada perlakuan khusus untuk Najib Razak

Penjara Malaysia Pastikan Tak Ada Fasilitas VIP untuk Najib RazakMantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak saat menghadiri salah satu persidangan. ANTARA FOTO/REUTERS/Lai Seng Sin

Selain itu, unggahan di media sosial tersebut juga meyakini ada akses televisi, internet dan AC di dalam Penjara Kajang. Selain itu, ada juga perbedaan menu makanan dari tahanan lainnya.

Departemen Penjara Malaysia juga menegaskan, tak ada perlakukan khusus atau fasilitas VIP untuk Najib Razak yang per 23 Agustus 2022 kemarin sudah mendekam di penjara.

“Tidak ada perlakuan khusus yang diberikan untuk Najib. Semua tahanan diperlakukan sama,” lanjut pernyataan itu.

Sementara itu, polisi meningkatkan pengamanan dan pengawasan di sekitar pintu masuk Penjara Kajang, yang berjarak sekitar 30 menit dari Kuala Lumpur.

3. Najib menjalani hukuman penjara 12 tahun

Penjara Malaysia Pastikan Tak Ada Fasilitas VIP untuk Najib RazakEks PM Malaysia Najib Tun Razak (ANTARA FOTO/REUTERS/Lai Seng Sin)

Eks Perdana Menteri Malaysia Najib Razak harus menerima hukuman 12 tahun penjara atas keterlibatannya dalam kasus korupsi 1 Malaysia Development Berhad (1MDB).

Najib sempat mengajukan banding dan sidang terakhirnya digelar kemarin, Selasa (23/8/2022) di Pengadilan Federal Malaysia. Namun, banding tersebut ditolak pengadilan.

Najib keluar dari pengadilan sekitar pukul 17.30 sore waktu setempat. Usai dari pengadilan, Najib langsung dibawa ke penjara.

Dengan dikawal polisi, Najib dibawa ke Penjara Kajang untuk menjalani hukumannya selama 12 tahun. Ia tiba pukul 18.05 sore waktu setempat.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya