Comscore Tracker

Pererat Kemitraan, Kapal HMCS Winnipeg Kanada Singgah di Jakarta

HMCS Winnipeg berlabuh sampai 3 September 2022.

Jakarta, IDN Times - Kapal Angkatan Laut Diraja Kanada, Her Majesty’s Canadian Ship (HMCS) Winnipeg, berlabuh di Jakarta. Kunjungan ini merupakan bagian dari pelayaran di kawasan Indo-Pasifik sebagai bagian dari Operasi Projection.

Sejak Juni 2022, para kru HMCS Winnipeg telah berkunjung ke San Diego dan Pearl Harbor, untuk berpartisipasi dalam Rim of the Pacific, latihan perang internasional terbesar di laut, sebelum memulai Operasi PROJECTION.

1. Berlabuh selama empat hari

Pererat Kemitraan, Kapal HMCS Winnipeg Kanada Singgah di JakartaHMCS Winnipeg berlabuh di Jakarta. (dok. Canada Embassy)

HMCS Winnipeg dijadwalkan akan meninggalkan Jakarta pada Sabtu (3/9/2022) dan akan berada di kawasan Indo-Pasifik guna bekerja sama dengan para sekutu serta mitra, sebelum kembali ke Kanada pada Desember nanti.

Kapal ini akan berpartisipasi dalam pengerahan kerjasama dengan TNI Angkatan Laut untuk memperkuat keamanan dan mempromosikan stabilitas kawasan.

Dalam kunjungan ini, Komandan Annick Fortin, Komandan Kapal HMCS Winnipeg, akan mengadakan kunjungan kehormatan kepada Panglima Komando Armada Republik Indonesia, Laksamana Madya Abdul Rasyid Kacong, dan Panglima Komando Armada I, Laksamana Muda Arsyad Abdullah, untuk membahas hal-hal yang menjadi perhatian bersama.

Baca Juga: Kapal Angkatan Laut AS Dilarang Bersandar di Kepulauan Solomon

2. Indonesia adalah mitra penting di kawasan Indo Pasifik

Pererat Kemitraan, Kapal HMCS Winnipeg Kanada Singgah di JakartaKapal HMCS Winnipeg berlabuh di Jakarta. (dok. Canada Embassy)

Kanada menilai Indonesia merupakan mitra bilateral dan pertahanan yang penting serta kuat di kawasan Indo Pasifik. Kedatangan HMCS Winnipeg, menurut Duta Besar Kanada untuk Indonesia, Nadia Burger, merupakan komitmen bersama untuk memperdalam hubungan bilateral kedua negara.

"Kanada menghargai hubungan bilateralnya dengan Indonesia yang kuat dan terus berkembang. Saat Kanada dan Indonesia merayakan 70 tahun hubungan diplomatik, kunjungan kapal ini adalah ungkapan dari komitmen bersama kita untuk memperdalam hubungan ini yang semakin penting ini," kata Nadia, dikutip keterangan tertulis Kedutaan Besar Kanada di Jakarta kepada IDN Times, Kamis (1/9/2022).

Bagi Kanada, lanjutnya, Indonesia adalah mitra pertahanan yang penting di kawasan Indo-Pasifik, dan Kanada menghargai peranan Indonesia dalam memajukan perdamaian, stabilitas dan kemakmuran di kawasan.

3. Memperkuat hubungan dengan ASEAN

Pererat Kemitraan, Kapal HMCS Winnipeg Kanada Singgah di JakartaHMCS Winnipeg Kanada berlabuh di Jakarta. (dok. Jessica Chang/Canada Embassy)

Selain itu, hubungan Kanada dan ASEAN juga memasuki usia 45 tahun pada 2022. Salah satu komitmen bersama Kanada dan ASEAN adalah memajukan peranan perempuan dan perdamaian.

Itu terbukti dari susunan kru yang terdapat di HMCS Winnipeg. Dari 240 pelaut yang ada di HMCS Winnipeg, 28 di antaranya perempuan.

"Melalui dialog ini, kami berkesempatan untuk mendengar dari para perempuan di sektor pertahanan mengenai kontribusi mereka dalam memajukan agenda WPS di kawasan dan berkontribusi pada implementasi perspektif ASEAN terhadap kawasan Indo-Pasifik," ujar Kuasa Usaha Perutusan Kanada untuk ASEAN di Jakarta, Vicky Singmin.

Baca Juga: Soal Dokumen Bali Package Hasil DEWG G20, Kanada: Masih Negosiasi 

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya