Pernyataan Pers Menlu RI 2024 Perdana Digelar di Museum KAA

Membawa spirit sejarah diplomasi Indonesia

Bandung, IDN Times - Pernyataan Pers Menteri Luar Negeri RI tahun 2024 untuk pertama kali digelar di Gedung Merdeka, Museum Konferensi Asia Afrika (KAA), Bandung, Jawa Barat.

Dalam PPTM tahun ini, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi memaparkan capaian diplomasi Indonesi dalam 10 tahun terakhir.

"Gedung ini sarat sejarah bagi perjalanan diplomasi Indonesia dan bagi dunia. Enam puluh sembilan tahun lalu, tahun 1955, gedung ini menjadi saksi centre of gravity berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika," kata Retno, dalam pembukaan PPTM 2024, di Bandung, Senin (8/11/2024).

"Sebuah Konferensi yang menggugah negara-negara yang dijajah untuk merdeka; yang meneguhkan kesetaraan antar negara; yang membangkitkan solidaritas “the Global South”; yang menjadi embrio Gerakan Non-Blok; dan yang menekankan pentingnya penghormatan terhadap Piagam PBB dan hukum internasional," lanjut Retno.

Baca Juga: Ganjar Beberkan Kekuatan Indonesia di Selatan-Selatan

1. Semangat KAA terus dibawa di diplomasi Indonesia

Pernyataan Pers Menlu RI 2024 Perdana Digelar di Museum KAAMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam PPTM 2024 di Museum KAA, Bandung. (IDN Times/Sonya Michaella)

Retno melanjutkan, semangat, prinsip, dan ruh Konferensi Asia-Afrika (KAA) terus dibawa diplomasi Indonesia sampai sekarang, termasuk selama pemerintahan Presiden Joko Widodo selama hampir 10 tahun ini.

"Dengan spirit dan prinsip KAA inilah Indonesia mampu berdiri tegak jalankan menjalankan Polugri Bebas Aktif, berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas & kemakmuran dunia, termasuk saat keketuaan IORA 2017; keanggotaan di Dewan Keamanan PBB 2019-2020; selama Presidensi G20 tahun 2022; dan Keketuaan ASEAN 2023," ucap Retno.

2. Dunia apresiasi kepemimpinan Indonesia

Pernyataan Pers Menlu RI 2024 Perdana Digelar di Museum KAAMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Jenewa, Swiss. (dok. Kemlu RI)

Retno mengungkapkan, dunia mengapresiasi kepemimpinan Indonesia yang selalu menjembatani perbedaan, selalu menghormati prinsip dan selalu menjadi bagian dari solusi permasalahan dunia.

"Berbekal spirit KAA ini pula, Indonesia secara konsisten berdiri tegak bersama bangsa Palestina memperjuangkan hak-haknya serta melawan kekejaman dan penjajahan Israel. Indonesia memilih berada di sisi sejarah yang benar untuk membela kemanusiaan dan keadilan bagi bangsa Palestina," tuturnya.

Baca Juga: CEK FAKTA: Ganjar Sebut RI Selalu Komit Dukung Kemerdekaan Palestina

3. Prinsip Konferensi Bandung masih relevan

Pernyataan Pers Menlu RI 2024 Perdana Digelar di Museum KAAMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di DK PBB. (dok. Kemlu RI)

Menurut Retno, di tengah situasi dunia, di mana konflik dan perang terjadi di berbagai belahan dunia, semangat Konferensi Bandung masih relevan.

"Maka spirit, prinsip dan ruh Konferensi Bandung ini menjadi lebih relevan dan semakin penting untuk terus diterapkan, untuk lebih kita kukuhkan dan kita perjuangkan ke depan," ucapnya.

Baca Juga: Peringati Hari KAA, 109 Bendera Anggota Dikibarkan

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya