Pesan Jokowi ke Anggota G20: Perhatikan Negara Berkembang

Indonesia ajak negara non-anggota G20 hadiri KTT

Bali, IDN Times - Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo meminta kepada anggota G20 agar memerhatikan negara berkembang. Indonesia sebagai presidensi G20 tahun ini turut mengundang sejumlah pemimpin negara non-anggota G20, di antaranya adalah negara berkembang.

“Negara berkembang harus diberdayakan sebagai bagian dari solusi. Kesenjangan kapasitas kesehatan tidak dapat dibiarkan,” kata Jokowi dalam pembukaan sesi 2 KTT G20 di Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022).

Jokowi menegaskan, negara berkembang perlu kemitraaan yang memberdayakan dan mereka harus menjadi bagian dari rantai pasok kesehatan global, termasuk pusat manufaktur dan penelitian.

“Ini bisa terjadi jika investasi industri kesehatan ditingkatkan. Kerja sama research dan transfer teknologi diperkuat serta akses bahan baku produksi untuk negara berkembang diperluas,” ungkapnya.

Selain itu, Jokowi juga menegaskan bahwa dunia tidak boleh mengulang kesalahan saat pandemik COVID-19 melanda.

“Dunia kita semakin pulih dari pandemik COVID-19, tapi kita tidak boleh lengah, darurat kesehatan berikutnya dapat muncul kapan saja,” pungkasnya.

Baca Juga: Fakta-Fakta G20, Lahir karena Krisis Keuangan Global

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya