Presiden AS Joe Biden Dipastikan Hadiri KTT G20 Bali

Biden juga akan hadiri KTT ASEAN

Jakarta, IDN Times - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, direncanakan akan berkunjung ke Indonesia pada 13-16 November 2022 untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

KTT G20 sendiri akan digelar pada 15-16 November 2022. Sebelumnya, akan ada serangkaian acara termasuk B20 pada 13-14 November 2022.

Baca Juga: Luhut: Persiapan KTT G20 di Bali Sudah Mencapai 95 Persen

1. Biden akan bertemu Presiden Jokowi

Presiden AS Joe Biden Dipastikan Hadiri KTT G20 BaliPresiden RI Joko "Jokowi" Widodo bersama dengan Presiden AS Joe Biden (Instagram.com/jokowi)

Dilansir dari laman resmi Gedung Putih, Sabtu (29/10/2022), Biden dipastikan akan bertemu dengan Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo dalam acara rangkaian KTT G20.

"Sebelum ke Indonesia, Biden akan melawat ke Mesir dan Kamboja," sebut pernyataan Gedung Putih.

Di Bali, Biden disebut akan membahas sejumlah isu dengan mitra-mitranya untuk menangani berbagai tantangan utama.

Di antaranya adalah perubahan iklim serta dampak global perang di Ukraina, termasuk soal keamanan serta daya beli energi dan makanan.

Biden juga akan membahas serangkaian prioritas lainnya terkait upaya pemulihan ekonomi global.

Baca Juga: Janji Joe Biden: Pasukan AS Akan Melindungi Taiwan dari Serangan China

2. Biden hadiri COP27 di Mesir

Presiden AS Joe Biden Dipastikan Hadiri KTT G20 BaliIllustrasi peradaban mesir kuno (unsplash.com/@spencerdavis)

Sementara itu, dalam lawatannya ke Mesir, Biden akan berpartisipasi dalam pertemuan puncak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyangkut perubahan iklim, yakni COP27.

Dalam KTT yang berlangsung pada 11 November itu, Biden akan menyampaikan seruan kepada dunia agar bertindak dalam situasi yang cukup mengkhawatirkan ini.

"Dari Mesir, Biden akan melakukan lawatan ke Kamboja pada 12-13 November untuk menghadiri KTT AS-ASEAN serta KTT Asia Timur," lanjut pernyataan Gedung Putih.

Baca Juga: 6 Hal Wajib Diketahui Masyarakat Bali Selama KTT G20

3. Biden juga akan menghadiri KTT ASEAN di Kamboja

Presiden AS Joe Biden Dipastikan Hadiri KTT G20 BaliBendera negara anggota ASEAN. (IDN Times/Sonya Michaella)

Selama di Kamboja, Biden akan menegaskan komitmen Amerika Serikat bagi kawasan Asia Tenggara, sekaligus menggarisbawahi nilai penting kerja sama AS-ASEAN dalam memastikan keamanan dan kesejahteraan di kawasan itu.

Gedung Putih juga mengungkapkan, Wakil Presiden AS, Kamala Harris akan melakukan lawatan ke Asia dan Afrika Utara setelah rangkaian kunjungan Biden tersebut.

Harris juga akan berangkat ke Bangkok, Ibu Kota Thailand, untuk menghadiri KTT Forum Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) pada 18-19 November dan menekankan komitmen AS pada kerja sana ekonomi di kawasan Indo-Pasifik.

Selain itu, Harris juga akan berkunjung ke Manila, Filipina, untuk melakukan pertemuan dengan para pemimpin pemerintah dan perwakilan masyarakat madani.

Baca Juga: Sherpa G20 di Jogja Siapkan Draft Leaders’ Declaration KTT G20

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya