Presiden AS Joe Biden Ucapkan Idul Fitri 1444 H untuk Muslim Dunia 

Biden mengatakan Muslim membentuk Amerika

Jakarta, IDN Times - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden dan Ibu Negara AS Jill Biden, mengucapkan selamat Idul Fitri 1444 H kepada seluruh umat Muslim di dunia. Idul Fitri hari pertama di AS telah dirayakan pada Jumat (21/4/2023).

“Saya tergerak oleh kedermawanan yang ditunjukkan oleh keluarga-keluarga yang menyediakan makanan dan bersedekah, untuk mereka yang membutuhkan dengan membayar zakat fitrah,” kata Biden, dalam keterangan Kedutaan Besar AS di Jakarta yang diterima IDN Times, Sabtu (22/4/2023).

Baca Juga: Maruf Amin Salat Idul Fitri di Istiqlal, Paspampres Jaga Pintu Masuk

1. Perayaan Lebaran di Gedung Putih

Biden mengatakan, Idul Fitri menandai berakhirnya bulan suci Ramadan yang didedikasikan untuk pengabdian, amal, dan refleksi, saat di mana komunitas Muslim di seluruh dunia yang mengalami konflik, kemiskinan, kelaparan, dan penyakit, dan mereka yang terlantar dari rumah mereka.

“Kami bangga kembali merayakan Idul Fitri di Gedung Putih tahun ini untuk menghormati umat Muslim Amerika yang menginspirasi dan memberikan kontribusi di seluruh negeri kami,” ujar dia.

2. Muslim membentuk Amerika

Selain itu, Biden juga mengapresiasi umat Muslim di Amerika yang secara tidak langsung membentuk negara itu sendiri.

“Mereka bekerja di laboratorium atau di pabrik, bekerja untuk menciptakan dan membuat teknologi canggih juga prakarsa-prakarsa untuk membangun masa depan yang dibuat di Amerika. Ada yang menjadi seniman dan perawat, menambah mozaik indah kreativitas dan kasih sayang bangsa kami,” ucap Biden.

“Mereka menjadi guru dan petugas pemadam kebakaran serta anggota komunitas, memelopori upaya untuk membangun pemahaman dan persatuan yang lebih besar di seluruh negara kami. Ada juga atlet, jurnalis, komedian, akademisi, anggota militer kami yang membanggakan —dan begitu banyak bagian lain yang membentuk Amerika,” lanjutnya.

Baca Juga: 9 Potret Semarak Takbir Keliling Sambut Idul Fitri di Berbagai Daerah

3. Ucapan dari Kemlu AS

Selain Biden, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken juga mengucapkan selamat Idul Fitri bagi seluruh umat Muslim di dunia.

“Saat kita merayakannya, jangan kita melupakan mereka yang tidak dapat merayakan Lebaran dengan aman dan nyaman di rumah mereka karena konflik, kekerasan, atau krisis kemanusiaan. AS tetap tak tergoyahkan dalam komitmennya untuk mempromosikan perdamaian, keadilan dan kebabasan beragama untuk semua. Selamat hari raya Idul Fitri!” ucap Blinken.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya