Presiden Baru Filipina Temui Jokowi Besok, Bahas Banyak Isu Penting

Indonesia jadi negara pertama yang dikunjungi

Jakarta, IDN Times - Presiden baru Filipina, Ferdinand ‘Bongbong’ Marcos Jr, akan berkunjung ke Indonesia, Minggu (4/9/2022). Ia akan menemui Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo untuk membahas sejumlah isu.

Indonesia merupakan negara pertama yang dikunjungi Bongbong sejak ia disumpah menjadi presiden. Setelah Indonesia, Bongbong akan melanjutkan kunjungan ke Singapura.

1. Membahas sejumlah kerja sama dengan Jokowi

Presiden Baru Filipina Temui Jokowi Besok, Bahas Banyak Isu PentingBongbong Marcos (Instagram.com/bongbongmarcos)

Dikutip dari laman Kementerian Luar Negeri Filipina, Sabtu (3/9/2022), disebutkan bahwa Bongbong akan membahas sejumlah kerja sama kedua negara di bidang pertahanan, maritim, perbatasan, ekonomi dan people to people contact.

“Mereka juga akan bertukar pandangan tentang isu-isu utama yang mempengaruhi kawasan dan dunia,” sebut Kemlu Filipina.

Disebutkan juga bahwa Indonesia merupakan negara ekonomi terbesar di Asia Tenggara dan merupakan presiden dari G20 tahun ini serta akan menjadi ketua ASEAN pada tahun depan.

Baca Juga: Jokowi Belum Mau Bocorkan Kapan Umumkan Kenaikan BBM Subsidi

2. Akan ada beberapa kesepakatan yang ditandatangani

Presiden Baru Filipina Temui Jokowi Besok, Bahas Banyak Isu PentingBongbong Marcos bersama dengan para pendukung (Twitter.com/Bongbong Marcos)

Dalam kunjungan ke Indonesia, Bongbong dan Jokowi akan menandatangani sejumlah kesepakatan penting di antaranya bidang pertahanan dan buadya serta Rencana Aksi Komperehensif yang memetakan kerja sama bilateral dua negara selama lima tahun ke depan.

“Presiden Filipina juga akan bertemu dengan para pebisnis untuk mempromosikan perdagangan dan investasi guna mendukung ekonomi Filipina,” lanjut pernyataan itu.

Bongbong direncanakan akan bertemu komunitas Filipina di Indonesia secara pribadi dan menegaskan bahwa Filipina akan selalu melindungi hak-hak mereka serta meningkatkan kesejahteraan mereka sebagai warga Filipina di luar negeri.

3. Indonesia hadir di pelantikan Bongbong

Presiden Baru Filipina Temui Jokowi Besok, Bahas Banyak Isu PentingFedinand 'Bongbong' Marcos. (twitter.com/ Bongbong Marcos)

Saat pelantikan Bongbong pada 30 Juni 2022 lalu di Manila, hadir pula Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI, Mahfud MD. Ia hadir sebagai Utusan Khusus Presiden Jokowi.

Ketika berjabat tangan dengan Bongbong, Mahfud menyampaikan ucapan selamat dan salam dari Jokowi. Ia juga berharap hubungan bilateral Indonesia dan Filipina ke depannya semakin baik dan menguat.

Baca Juga: Jokowi Ungkap Penyebab Proyek Blok Masela Tak Kunjung Mulai

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya