Presiden Dewan Eropa Puji Kepemimpinan Jokowi di G20

Michel apresiasi kepemimpinan Indonesia di G20 tahun ini

Bali, IDN Times - Presiden Dewan Eropa Charles Michel mengakui G20 kali ini adalah G20 yang paling sulit yang pernah ada. Untuk itu, Michel sangat mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di G20 tahun ini. 

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada Presiden RI Joko Widodo atas kepemimpinannya yang bijaksana. Fakta bahwa kami telah mencapai kesepakatan di tingkat Sherpa adalah sebuah pencapaian tersendiri,” kata Michel, berbicara di media center G20, BICC, Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022). 

“G20 tahun ini berlangsung di dunia yang sangat berbeda dari pertemuan tahun lalu kita di Roma,” lanjut dia. 

Ia menambahkan, kehadiran para pemimpin G20 sedianya untuk terlibat dalam mempertahankan tatanan dunia multilateral di tengah berbagai tantangan saat ini. 

“Presidensi Indonesia di G20 punya peran panting saat ini untuk mencapai kesepakatan bersama,” imbuhnya.

Michel juga menyebut dirinya telah bertemu dengan Jokowi di KTT ASEAN beberapa hari lalu di Kamboja dan membicarakan betapa pentingnya keberhasilan G20. 

“Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada Presiden Joko Widodo. Saat bertemu di Kamboja kemarin, kami berdua saling bertukar padangan terkait hal-hal penting yang perlu dibangun untuk kesuksesan G20,” pungkasnya.

Baca Juga: Buka KTT G20, Jokowi: Indonesia Telah Maksimal Menjembatani Perbedaan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya