Presiden Iran Ebrahim Raisi Dimakamkan di Mashhad Hari Ini 

Mashhad adalah kampung halaman Raisi

Intinya Sih...

  • Presiden Iran Ebrahim Raisi dimakamkan di kampung halamannya, Kota Mashhad, hari ini Kamis (23/5/2024).
  • Pejabat tinggi dari 68 negara hadir dalam upacara pemakaman Raisi dan pejabat Iran lainnya yang tewas dalam kecelakaan helikopter.

Jakarta, IDN Times - Jasad Presiden Iran, Ebrahim Raisi, bakal dimakamkan di kampung halamannya, Kota Mashhad, hari ini Kamis (23/5/2024). Diperkirakan pemakaman bakal digelar pada malam hari.

Dilansir dari Al Jazeera, jasad pejabat yang lain, yakni Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian, Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur - Iran, Malek Rahmati, dan perwakilan Pemimpin Tertinggi Iran untuk Azerbaijan Timur, Ayatollah Mohammad Ali Ale-Hashem akan dimakamkan di kampung halamannya masing-masing.

Baca Juga: Suasana Haru di Kediaman Dubes Iran saat Doa Bersama untuk Raisi

1. Perwakilan dari 68 negara menghadiri upacara pemakaman di Teheran

Sementara itu, pejabat tinggi dari 68 negara dilaporkan hadir di upacara pemakaman Raisi dan pejabat Iran lainnya yang tewas dalam kecelakaan helikopter pada Minggu kemarin.

Para pejabat asing ini diterima oleh Penjabat Presiden, Mohammad Mokhber serta Penjabat Menteri Luar Negeri, Ali Bagheri Kani.

Adapun para perwakilan asing yang datang adalah Emir Tamim bin Hamad Al Thani dari Qatar, Perdana Menteri Irak Mohammed Shia al-Sudani, PM Pakistan Shehbaz Sharif, dan PM Azerbaijan Ali Asadov.

Lalu ada Presiden Tunisia Kais Saied, Presiden Suriah Bashar al-Assad, Presiden Tajikistan Emomali Rahmon, serta Ketua Parlemen dari Lebanon, Aljazair, Kazakhstan, Ethiopia, Mali, Rusia serta Uzbekistan.

Wakil Presiden Turki, Cevdet Yilmaz dan Menteri Luar Negeri Turki, Hakan Fidan juga dilaporkan hadir dalam upacara pemakaman tersebut.

Baca Juga: Menlu Retno Kenang Persahabatan dengan Menlu Iran

2. Ayatollah Khamenei pimpin salat jenazah di Iran

Sebelum dibawa ke kampung halamannya masing-masing, Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Khamenei memimpin salat jenazah Presiden Iran Ebrahim Raisi, Hussein Amirabdollahian, dan pejabat Iran lainnya di Ibu Kota, Teheran.

Salat dilakukan di dalam Universitas Teheran pada Rabu (22/5/2024) pagi, waktu setempat.

Baca Juga: Ayatollah Khamenei Salati Jasad Presiden Iran Ebrahim Raisi

3. Kota-kota besar di Iran juga gelar upacara pemakaman

Upacara pemakaman sudah berlangsung di Qom sejak Selasa (21/5/2024) sore. Di Tabriz, diadakan juga upacara pemakaman pada Senin (20/5/2024), tak lama setelah jasad Raisi ditemukan.

Jenazah Raisi dibawa ke Mashhad dan salat juga akan dipimpin oleh pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Khamenei.

Baca Juga: Kronologi Helikopter Presiden Iran Jatuh, Hilang Usai Hindari Awan

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya