Resmi! Chris Hipkins Jadi PM Selandia Baru Ganti Jacinda Ardern 

Hipkins satu-satunya kandidat dari Partai Buruh

Jakarta, IDN Times - Partai Buruh yang berkuasa resmi memilih Chris Hipkins, untuk menggantikan Jacinda Ardern sebagai ketua sekaligus perdana menteri Selandia Baru. Sebelumnya, Hipkins merupakan menteri pendidikan di kabinet Ardern.

Hipkins merupakan satu-satunya nominasi yang diajukan dan dirapatkan oleh Partai Buruh pada Minggu (22/1/2023) kemarin.

“Ini adalah keistimewaan dan tanggung jawab terbesar dalam hidup saya,” kata Hipkins, saat mengumumkan pengangkatannya menjadi ketua partai dan perdana menteri, dikutip dari BBC, Senin (23/1/2023).

Baca Juga: Jadi Calon PM Selandia Baru, Chris Hipkins Perlu Dukungan Partai Buruh

1. Disebut sebagai pemecah masalah di kabinet Ardern

Resmi! Chris Hipkins Jadi PM Selandia Baru Ganti Jacinda Ardern Chris Hipkins, Menteri Pendidikan dan Kesehatan Selandia Baru. (Instagram.com/chrishipkinsmp)

Hipkins terkenal sebagai menteri yang membantu Ardern menangani pandemik COVID-19, di saat menteri yang lain mengalami kesulitan.

“Saya sangat bersemangat dengan tantangan yang ada di depan,” ungkap Hipkins lagi.

Rencananya, Hipkins akan dilantik pada Rabu, 25 Januari 2023 mendatang. Sebelum itu, Ardern akan mengajukan pengunduran dirinya ke Gubernur Jenderal Cindy Kiro, perwakilan Raja Charles di Selandia Baru.

Baca Juga: 5 Fakta Chris Hipkins, Calon PM Selandia Baru usai Mundurnya Ardern 

2. Menjabat menteri kepolisian, pelayanan publik dan ketua DPR

Resmi! Chris Hipkins Jadi PM Selandia Baru Ganti Jacinda Ardern Chris Hipkins (kanan) (twitter.com/chrishipkins)

Selain menjadi menteri pendidikan, Hipkins juga menjabat sebagai menteri kepolisian, pelayanan publik dan ketua DPR. Sebagai ketua DPR, dia dikenal handal dalam mengatasi masalah politik yang muncul akibat ulah anggota parlemen lainnya. 

"Jacinda Ardern telah menjadi perdana menteri yang luar biasa untuk Selandia Baru, Dia adalah pemimpin yang kami butuhkan pada saat kami membutuhkannya,” ucap Hipkins.

Baca Juga: Jadi Calon PM Selandia Baru, Chris Hipkins Perlu Dukungan Partai Buruh

3. Pengunduran diri Ardern membuat dunia terkejut

Resmi! Chris Hipkins Jadi PM Selandia Baru Ganti Jacinda Ardern Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern. (ANTARA FOTO/REUTERS/Martin Hunter)

Ardern mengumumkan akan mengundurkan diri, paling lambat 7 Februari 2023 mendatang.Ardern juga mengumumkan bahwa pemilihan umum akan diadakan pada 14 Oktober 2023, dan dia tidak akan mencalonkan diri lagi.

“Saya tahu apa yang dibutuhkan di sini dan saya tahu, saya tidak lagi punya cukup ‘tangki’ untuk melakukannya dengan adil. Sesederhana itu,” kata Ardern.

Dalam pidato pengunduran dirinya tersebut, Ardern juga menyinggung soal tanggung jawab.

“Saya pergi karena dengan peran istimewa seperti itu, datang tanggung jawab. Tanggung jawab untuk mengetahui kapan Anda menjadi orang yang tepat untuk memimpin, dan kapan tidak,” ungkap Ardern lagi.

Pengumuman pengunduran dirinya cukup mengejutkan Selandia Baru dan politik di Negeri Kiwi tersebut. Ardern dianggap sukses memimpin Selandia Baru melewati pandemik COVID-19 dan juga dua insiden teror di Christchurch dan White Island.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya