Retno-Luhut Bakal Bahas Kerja Sama Ekonomi dengan Menlu China

Pertemuan digelar di Labuan Bajo, besok

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi menerima kunjungan dari Menteri Luar Negeri China Wang Yi, hari ini. Sejumlah isu diangkat, salah satunya adalah kerja sama ekonomi.

“Tahun depan, Indonesia dan China akan merayakan 75 tahun hubungan diplomatik. Kemitraan Strategis Komprehensif Indonesia-China akan terus dipupuk dengan semangat kerja sama, saling menghormati dan saling menguntungkan,” kata Retno, dalam jumpa pers di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Kamis (18/4/2024).

“Di bidang ekonomi, China adalah salah satu mitra penting Indonesia. China merupakan mitra dagang terbesar bagi Indonesia, dengan volume perdagangan mencapai lebih dari 127 miliar dolar AS. China juga merupakan salah satu investor asing terbesar dengan nilai investasi lebih dari 7,4 miliar dolar AS tahun lalu,” lanjut Retno.

1. Retno dan Luhut akan bahas kerja sama ekonomi dengan Wang Yi besok

Retno-Luhut Bakal Bahas Kerja Sama Ekonomi dengan Menlu ChinaPemandangan dari Hotel Ayana Komodo Labuan Bajo. (IDN Times/Sonya Michaella)

Selain itu, Retno membeberkan bahwa kerja sama ekonomi secara lebih detail akan dibahas dalam pertemuan High-Level Dialogue Cooperation Mechanism (HDCM) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, besok.

“Dari pihak Indonesia akan dipimpin bersama Menko Marves Luhut Panjaitan dan saya. Sementara dari pihak China akan dipimpin Menlu Wang Yi,” beber Retno.

Beberapa fokus kerja sama investasi yang akan terus diperkuat, antara lain di bidang hilirisasi industri, pembangunan infrastruktur, manufaktur, transisi energi, serta ketahanan pangan.

Baca Juga: Menlu China Wang Yi Bakal ke Indonesia Pekan Ini

2. Wang Yi ucapkan selamat atas pemilu Indonesia yang berjalan sukses

Retno-Luhut Bakal Bahas Kerja Sama Ekonomi dengan Menlu ChinaMenteri Luar Negeri China Wang Yi usai menemui Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2024). (IDN Times/Trio Hamdani)

Sementara itu, Wang Yi mengucapkan selamat atas proses pemilihan umum Indonesia yang sudah rampung.

“Selamat atas lancar dan suksesnya pemilu Indonesia dan juga kami memuji kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo atas keberhasilan pembangunan luar biasa selama ini. Kedatangan saya ke sini dengan tujuan menunjukkan dukungan kuat untuk Indonesia dan membangun hubungan bilateral ke tingkat yang lebih tinggi,” kata Wang Yi.

Wang sempat membeberkan apa yang ia bicarakan dengan Retno saat pertemuan bilateral. Salah satunya adalah kesepakatan mempercepat kerja sama pembangunan.

“Kita juga membahas apa saja yang sudah tercapai selama ini. Saling bertukar pendapat dan sepakat mempercepat pembangunan demi masa depan bersama,” ujar Wang.

3. Berlandaskan saling percaya antarnegara

Retno-Luhut Bakal Bahas Kerja Sama Ekonomi dengan Menlu ChinaPertemuan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi. (IDN Times/Sonya Michaella)

Selain itu, Wang juga menegaskan bahwa rasa saling percaya harus ada di dalam hubungan bilateral dua negara.

“Kami harap China dan Indonesia selalu saling percaya dan saling bantu serta menjunjung tinggi keadilan dan kesetaraan. Terutama China juga siap membantu Indonesia untuk pembangunan yang berkualitas tinggi,” tutur Wang.

Baca Juga: Terima Menlu China, Retno Soroti Persoalan Online Scam

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya