RI Ketua ASEAN, AS Harap Bisa Ulang Kesuksesan G20 

Negara lain juga mendukung keketuaan Indonesia

Jakarta, IDN Times - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Sung Kim, mendukung penuh keketuaan Indonesia di ASEAN 2023.

AS juga berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan Indonesia di bawah keketuaannya tahun ini.

Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo, kemarin, baru saja meresmikan keketuaan Indonesia di ASEAN, yang sejatinya sudah dimulai per 1 Januari 2023 kemarin.

"Kita telah menjalankan Presidensi G20 dengan baik dan tahun ini Indonesia menjadi Ketua ASEAN di tengah situasi global yang sangat tidak mudah. Krisis ekonomi, energi, pangan, semua, perang, sedang terjadi. Tapi, saya meyakini ASEAN masih penting dan masih relevan bagi rakyat, bagi kawasan, dan semua," kata Jokowi.

Baca Juga: KTT ASEAN-RoK, Jokowi: Ekonomi Hijau Kunci Masa Depan ASEAN

1. Diharapkan bisa mengulang kesuksesan G20

RI Ketua ASEAN, AS Harap Bisa Ulang Kesuksesan G20 Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia, Sung Kim. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sung Kim berharap Indonesia bisa mengulang kesuksesan sebagai Presidensi G20 pada tahun lalu di dalam forum ASEAN 2023.

“Kami mendukung sepenuhnya keketuaan Indonesia, karena ini adalah kesempatan besar bagi Indonesia untuk menegaskan kembali kepemimpinannya,” kata Kim, di Jakarta, Minggu (29/1/2023).

Baca Juga: Presiden Jokowi: ASEAN Relevan Bagi Rakyat

2. Belanda soroti perdamaian Myanmar

RI Ketua ASEAN, AS Harap Bisa Ulang Kesuksesan G20 Twitter.com/Myanmar Now

Sementara itu, Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Lambert Grijns mengatakan peran keketuaan tersebut penting untuk stabilitas dan kemakmuran regional. Indonesia jelas memikul tanggung jawab untuk membimbing ASEAN melalui periode yang dinilai cukup menantang saat ini.

“Tetapi saya sangat yakin bahwa Indonesia adalah salah satu negara anggota terpenting, mungkin yang lebih berpengaruh juga, untuk bisa memenuhi peran ini,” ucap Grijns, dikutip dari ANTARA, Senin (30/1/2023).

Ia menilai ada dua elemen penting yang harus dimajukan Indonesia selama masa keketuaan di ASEAN, yakni perdamaian di Myanmar serta integrasi ekonomi.

Grijns pun mengatakan bahwa Belanda ingin menjadi mitra yang lebih dekat dengan ASEAN.

3. ASEAN siap berkontribusi lebih luas

RI Ketua ASEAN, AS Harap Bisa Ulang Kesuksesan G20 Presiden RI Joko Widodo di kick off keketuaan Indonesia ASEAN 2023. (Youtube Setpres RI)

Jokowi juga menyampaikan ASEAN siap berkontribusi untuk regional lebih luas.

"ASEAN akan terus berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik. ASEAN akan terus dapat menjaga pertumbuhan ekonomi dan ASEAN Matters Epicentrum of Growth," ujar Jokowi.

Adapun keketuaan Indonesia di ASEAN saat ini sudah berjalan, tepatnya sejak 1 Januari hingga 31 Desember 2023. KTT ASEAN pun akan digelar dua kali yaitu pada Mei dan September 2023.

Baca Juga: Indo Pasifik, Salah Satu Fokus Keketuaan RI di ASEAN 2023

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya