Rishi Sunak Resmi Jadi Perdana Menteri Inggris

Sunak diberi mandat Raja Charles untuk bentuk pemerintahan

Jakarta, IDN Times - Rishi Sunak resmi menjadi perdana menteri Inggris, usai bertemu dengan Raja Charles III di Istana Buckingham, pagi hari ini waktu setempat.

Dilansir dari CNN, Selasa (25/10/2022), setelah menghadap Raja Charles III, Sunak resmi mendapat mandat untuk membentuk pemerintahan di Inggris.

1. Berpidato di Downing Street 10

Usai bertemu dengan Raja Charles III, Sunak lantas memberikan pidato pertamanya sebagai perdana menteri di Downing Street.

Salah satu isu yang disorot eks menteri keuangan Inggris ini adalah membenahi krisis ekonomi yang sedang melanda negaranya.

“Saat ini, negara kita sedang menghadapi krisis ekonomi yang parah. Dampak COVID-19 masih terasa. Perang Putin di Ukraina telah mengacaukan pasar energi dan rantai pasokan pangan dunia,” ujar Sunak.

Baca Juga: Jadi PM Inggris, Rishi Sunak Serukan Stabilitas dan Persatuan

2. Sunak memberi penghormatan kepada Liz Truss

Rishi Sunak Resmi Jadi Perdana Menteri InggrisLiz Truss, Menteri Luar Negeri Inggris. (Twitter.com/Liz Truss)

Sempat menjadi rival di pemungutan suara tujuh pekan lalu dan kalah dari Liz Truss, Sunak menyempatkan diri untuk memberi penghormatan kepada Truss sesaat sebelum berpidato.

“Dia tidak salah jika ingin meningkatkan pertumbuhan di negara ini. Ini adalah tujuan mulia dan saya mengagumi niatnya untuk membuat perubahan. Tapi memang ada beberapa kesalahan,” tutur Sunak.

3. Jadi PM Inggris termuda dan keturunan India pertama

Rishi Sunak Resmi Jadi Perdana Menteri InggrisMenteri keuangan Inggris, Rishi Sunak (Instagram/rishisunakmp)

Sunak merupakan PM Inggris keturunan Asia dan India pertama dalam sejarah. Bahkan, warga India menyambut gembira terpilihnya Sunak menjadi perdana menteri.

Selain itu, Sunak juga PM Inggris termuda dalam 200 tahun terakhir dengan usianya saat ini 42 tahun.

Baca Juga: Eks Menkeu Inggris, Rishi Sunak Siap Maju Jadi PM Inggris

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya