Rudal Tewaskan 2 Warganya, Polandia Panggil Dubes Rusia

Polandia langsung siaga militer

Bali, IDN Times - Sebanyak 85 rudal Rusia dilaporkan menghantam perbatasan Ukraina-Polandia. Dalam laporan terbaru Rabu (16/11/2022) pagi, beberapa rudal Rusia telah melewati Polandia. Akibatnya, dua orang dilaporkan tewas.

Polandia dikabarkan memanggil Duta Besar Rusia yang berkedudukan di Warsawa untuk menjelaskan aksi tersebut.

"Dipastikan rudal buatan Rusia jatuh di wilayah kami dan menewaskan dua orang," sebut juru bicara Kementerian Luar Negeri Polandia Lukasz Jasina, Rabu.

Baca Juga: Menlu Rusia Sergey Lavrov Tinggalkan Bali Jelang Deklarasi G20

1. Polandia lakukan pertemuan darurat dan siaga militer

Dilansir dari BBC, dua orang yang tewas ini berada di sebuah desa di Polandia dekat perbatasan dengan Ukraina yaitu desa Przewodow, Polandia timur.

Sementara itu, pemerintah Polandia langsung menggelar pertemuan darurat kabinet dan dewan keamanan nasionalnya.

"Telah ada keputusan untuk meningkatkan kesiapan beberapa unit tempur dan dinas berseragam lainnya," kata juru bicara pemerintah Polandia, Piotr Muller.

Baca Juga: Uni Eropa Siap Bahas Serangan Rusia ke Polandia di Sela KTT G20

2. Rusia bantah tudingan

Melansir Deutsche Welle, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan tidak memiliki informasi tentang ledakan di Polandia. Kementerian Pertahanan Rusia sebelumnya mengatakan laporan tentang mendaratnya rudal Moskow di perbatasan Polandia adalah provokasi yang disengaja untuk menyebarkan berita palsu.

Pada Selasa, Rusia menggempur fasilitas energi milik Ukraina dengan puluhan rudal jarak jauh. Targetnya adalah fasilitas energi di seluruh negeri yang akhirnya menyebabkan pemadaman listrik yang luas.

Baca Juga: Rudal Rusia Dilaporkan Kena ke Polandia, 2 Orang Tewas

3. Ukraina menyampaikan belasungkawa

Rudal Tewaskan 2 Warganya, Polandia Panggil Dubes RusiaPresiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy. twitter.com/ZelenskyyUa

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyampaikan belasungkawa atas tewasnya dua warga Polandia akibat rhantaman rudal Rusia.

"Menyatakan belasungkawa atas kematian warga Polandia dari teror rudal Rusia. Kami bertukar informasi yang tersedia dan mengklarifikasi semua fakta. Ukraina, Polandia, seluruh Eropa dan dunia harus sepenuhnya dilindungi dari teroris Rusia," ucap Zelenskyy.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya