Sebulan Digempur Israel, 9.299 Orang Tewas di Gaza

Korban luka juga lebih dari 25 ribu orang

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan Palestina menyebutkan korban tewas di Jalur Gaza akibat serangan brutal Israel kini mencapai 9.299 orang. Sementara, korban luka terdata lebih dari 25 ribu orang.

Dilansir Wafa Agency pada Sabtu (4/11/2023), jumlah ini juga termasuk korban tewas di Tepi Barat yang terdata ada 144 orang.

Selain itu, sekitar 1.950 warga Palestina dinyatakan masih hilang sampai hari ini, yang mungkin mereka terjebak di bawah reruntuhan bangunan.

1. Ada rumah sakit di Gaza tidak berfungsi lagi

Sementara itu, dari 35 rumah sakit di Gaza, 16 di antaranya saat ini sudah tidak berfungsi karena pengeboman yang dilakukan Israel dan menipisnya cadangan baham bakar.

Kondisi darurat juga membuat dokter tidak punya pilihan lain selain melakukan operasi para korban luka tanpa anestesi yang tepat, termasuk para perempuan yang melahirkan dengan operasi caesar.

Baca Juga: PBB: Butuh Rp18 Triliun untuk Hidup Warga Gaza dan Tepi Barat

2. Israel larang warga Palestina tinggalkan Gaza untuk berobat

Sebulan Digempur Israel, 9.299 Orang Tewas di Gazailustrasi Palestina vs Israel (IDN Times/Aditya Pratama)

Israel juga dilaporkan telah melarang warga Palestina untuk meninggalkan Gaza demi mencari pengobatan dan rumah sakit yang memadai, di Yerusalem.

Meski demikian, perbatasan Rafah kini telah dibuka oleh Mesir atas mediasi dari Qatar dan beberapa negara lain untuk warga asing bisa dievakuasi secepatnya dari Gaza.

3. PBB minta Israel tidak serang rumah sakit

Sebulan Digempur Israel, 9.299 Orang Tewas di Gazailustrasi Palestina vs Israel (IDN Times/Aditya Pratama)

PBB juga terus memperingatkan agar Israel tidak menyerang rumah sakit. PBB juga minta untuk Israel menghormati hukum internasional.

“Ini mencakup ketentuan bahwa rumah sakit tidak boleh digunakan dalam pertempuran apapun,” kata juru bicara PBB Stephanne Dujarric.

Baca Juga: PBB Khawatir Israel Lakukan Genosida di Jalur Gaza

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya