Spanyol Kirim 6 Tank Leopard ke Ukraina, Disalurkan Polandia

Tank ini merupakan buatan Jerman

Jakarta, IDN Times - Spanyol kian mengukuhkan dukungannya untuk Ukraina, dibuktikan dengan pengiriman enam tank Leopard 2A4 pada Jumat (21/4/2023) kemarin.

Dilansir dari ANTARA, Sabtu (22/4/2023), tank-tank buatan Jerman ini diangkut dengan kargo bersamaan dengan pengakut personel lapis baja. Kapal kargo tersebut berlayar dari Spanyol menuju ke Polandia dan akan dibawa ke Ukraina.

Baca Juga: Korut Kecam Keputusan AS Kirim Tank ke Ukraina

1. Total ada 10 tank yang dikirim

Spanyol Kirim 6 Tank Leopard ke Ukraina, Disalurkan PolandiaTank Ukraina berjalan menuju kota, setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengesahkan operasi militer di bagian timur Ukraina, di Mariupol, Ukraina, Kamis (24/2/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Barria.

Menteri Pertahanan Spanyol Margarita Robles mengonfirmasi bahwa total bulan ini ada 10 tank yang diberikan Madrid untuk Kiev. Spanyol juga dilaporkan akan melatih 10 anggota kru tank dan 15 mekanik asal Ukraina.

Meski demikian, tank-tank tersebut perlu diuji coba lagi untuk persiapan ke medan perang. Pasalnya, tank-tank produksi Jerman ini belum pernah digunakan lagi sejak tahun 1900-an.

Baca Juga: Selama Invasi di Ukraina, Setengah dari Seluruh Tank Rusia Hilang

2. Spanyol tegaskan Ukraina akan menang

Dalam kunjungan Perdana Menteri Pedro Sanchez pada Februari 2023 lalu ke Ukraina, ditegaskan kembali bahwa Ukraina akan menang melawan Rusia.

"Kami akan mendukung Ukraina dan rakyatnya sampai perdamaian kembali ke Eropa," kata Sanchez, kala itu.

Baca Juga: Dikomporin Joe Biden, Jerman Akhirnya Kirim Tank Leopard ke Ukraina

3. Janjikan bantuan untuk Kiev

Setelah Jerman mengizinkan pihak ketiga untuk mengirim tank Leopard buatannya ke Ukraina, banyak negara Eropa yang kemudian membantu pasukan Kiev dengan tank tersebut. PM Sanchez juga berjanji akan mengirim 10 tank Leopard 2, 6 di antaranya termasuk yang pengirimannya sudah berjalan saat ini.

"Anda tidak sendirian dalam perang ini. Kami akan mendukung Ukraina selama diperlukan," ujar Sanchez lagi.

Sebelum Spanyol mengumumkan akan membantu tank Leopard kepada Kiev, Finlandia juga mengumumkan akan memberikan tank serupa.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya