Suhu 43 Derajat, Bangladesh Tutup Semua Sekolah

Termasuk di ibu kota Dhaka

Jakarta, IDN Times - Bangladesh kembali menutup semua sekolah dasar di seluruh negeri dan lembaga pendidikan di hampir separuh distrik  termasuk di ibu kota Dhaka, lantaran gelombang panas yang parah dengan suhu mencapai 43 derajat Celcius.

Dilansir Channel News Asia, Selasa (30/4/2024), sekolah-sekolah di Bangladesh sempat dibuka kemarin, namun tingkat kehadiran siswa sangat rendah dan diputuskan untuk ditutup kembali sampai Kamis pekan ini.

“Jika suhu panas mencapai 42 derajat Celcius, semua lembaga pendidikan di Bangladesh ditutup sementara,” kata Menteri Pendidikan Bangladesh, Mohibul Hasan Chowdhury Nowfel.

Baca Juga: Cuaca Panas Ekstrem Landa ASEAN dan Asia Selatan

1. Minta warga tetap di rumah pada siang hari

Pemerintah Bangladesh juga mengimbau agar warga tetap berada di rumah pada siang hari, untuk terhindar dari sengatan panas.

Namun jika harus bekerja di luar rumah, diimbau untuk minum air yang cukup dan jangan langsung berada di bawah paparan sinar matahari.

2. Gelombang panas landa Asia Selatan dan ASEAN

Sementara itu, Asia Tenggara dan Asia Selatan bersiap menghadapi panas yang sangat ekstrem dalam pekan ini.

Gelombang cuaca panas telah melanda kawasan ini selama sepekan terakhir. Bahkan di beberapa negara, cuaca mencapai 45 derajat Celcius.

Filipina juga mengumumkan penangguhan kelas tatap muka di semua sekolah negeri selama dua hari setelah panas yang ekstrem di ibu kota Manila.

Di Thailand, 30 orang dilaporkan tewas lantaran kepanasan dengan suhu yang mencapai 44,1 derajat Celcius pada pekan lalu.

3. Suhu melampaui 40 derajat Celcius

Suhu 43 Derajat, Bangladesh Tutup Semua Sekolahilustrasi cuaca panas (pexels.com/Pixabay)

Sementara itu, di Kamboja, Myanmar, Vietnam dan India cuaca diperkirakan bakal bisa melebihi 40 derajat Celcius.

“Saya tidak berani keluar pada siang hari. Saya takut terkena sengatan panas,” kata seorang warga Myanmar yang tinggal di ibu kota Yangon.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya