Suhu Air Sungai Aare Swiss 16 Derajat Celcius Saat Eril Terseret Arus 

Pencarian Eril dilanjutkan hari ini

Jakarta, IDN Times - Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad membeberkan sejumlah fakta kondisi Sungai Aare, tempat putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz, terseret arus sungai dan hingga kini belum ditemukan.

Emmeril Khan Mumtadz atau Eril dilaporkan hilang pada Kamis 26 Mei 2022 sekitar pukul 09.40 CEST atau waktu Swiss ketika sedang berenang di Sungai Aare, Bern. Menurut laporan, Eril tergelincir ketika akan naik ke tepi sungai dan terbawa arus.

Baca Juga: KBRI Bern Minta Bantuan Kemlu Swiss Optimalkan Pencarian Eril 

1. Suhu air sungai cukup dingin saat Eril terbawa arus

Suhu Air Sungai Aare Swiss 16 Derajat Celcius Saat Eril Terseret Arus Sungai Aare di Bern, Swiss. (IDN Times/Sonya Michaella)

Berdasarkan pemeriksaan suhu air oleh polisi sungai, saat insiden Eril terbawa arus, suhu air Sungai Aare dilaporkan berada pada 16 derajat Celcius.

“Suhu air sekitar 16 derajat Celcius dan cukup keruh dibanding kondisi normal, dan arus Sungai Aare cukup deras saat itu,” kata Muliaman, dalam konferensi pers daring, Sabtu (28/5/2022).

Pencarian Eril pun dilanjutkan pada Sabtu pagi hari ini waktu Swiss atau siang hari waktu Indonesia dengan mengerahkan tim SAR bentukan dari kepolisian Swiss yang beranggotakan polisi sungai, polisi medis, dan pemadam kebakaran.

KBRI Bern juga berkoordinasi erat dengan tim Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI untuk memberikan update terkait proses pencarian Eril.

2. KBRI Bern meminta bantuan Kemlu Swiss

Suhu Air Sungai Aare Swiss 16 Derajat Celcius Saat Eril Terseret Arus Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Swiss dan Liechtenstein Prof. Muliaman Hadad Ph.D, Foto: Dok. KBRI Bern

Muliaman sendiri telah meminta bantuan dari protokol Kementerian Luar Negeri Swiss untuk terus mencari keberadaan Eril.

"Kami meminta protokol Kemlu Swiss untuk mendorong pencarian yang optimal," tambah Muliaman.

Ia mengatakan, pencarian dalam dua hari ini, Kamis dan Jumat, memang belum menunjukkan hasil dan berharap pencarian hari ini menunjukkan titik terang keberadaan Eril.

3. Aare adalah sungai terpanjang di jajaran pegunungan Alpen yang berarus deras

Suhu Air Sungai Aare Swiss 16 Derajat Celcius Saat Eril Terseret Arus Sungai Aare dari Rosengarten, Bern. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sungai Aare yang terletak di Swiss memang memiliki pesona luar biasa. Terletak di Ibu Kota Bern, sungai ini kerap menjadi destinasi warga lokal maupun turis untuk berenang, terutama di musim panas.

Sungai Aare sendiri merupakan sungai terpanjang di jajaran pegunungan Alpen Swiss. Sungai ini memiliki aliran air yang melintasi ngarai cukup dalam.

Baca Juga: Eril Putra Ridwan Kamil Hilang di Swiss, Ini Informasi dari Keluarga

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya