Swedia Resmi Jadi Anggota NATO

Upacara peresmian anggota akan digelar awal pekan depan

Jakarta, IDN Times - Swedia akhirnya resmi menjadi anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO. Swedia resmi masuk NATO pada Kamis (7/3/2024).

Setelah menjadi anggota NATO, bendera Swedia akan dikibarkan bersama dengan anggota lainnya dalam upacara resmi di Markas NATO, Brussel, Belgia, Senin (11/3/2024)

“Ini adalah hari bersejarah. Swedia kini memiliki tempat sah di NATO dengan hak suara yang setara dalam membantu membentuk kebijakan dan keputusan NATO. Aksesi Swedia membuat NATO lebih kuat, Swedia lebih aman dan keseluruhan aliansi bisa lebih aman,” kata Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, dikutip dari laman resminya, Jumat (8/4/2024).

1. Hungaria beli jet tempur Swedia

Swedia Resmi Jadi Anggota NATOPM Hungaria Viktor Orban dan PM Swedia Ulf Kirstersson (Twitter.com/Orban VIktor)

Perdana Menteri (PM) Hungaria, Viktor Orban, mengatakan akan membeli empat jet tempur Saab JAS Gripen buatan Swedia. Langkah itu akan memperluas armadanya sebanyak 18 jet.

Rencana kesepakatan pembelian tersebut, terjadi menjelang pemungutan suara parlemen Hungaria untuk menyetujui Swedia bergabung dengan NATO. Selama dua tahun, rencana Swedia bergaung NATO tertunda karena Turki dan Hungaria. Parlemen Turki akhirnya telah meratifikasi keanggotaan Swedia bulan lalu dan akhirnya Hungaria mengikuti.

Baca Juga: Albania Fungsikan Pangkalan Militer Bekas Uni Soviet untuk NATO

2. Swedia sambut baik peningkatan kerja sama militer

Orban sebelumnya mengatakan ada beberapa masalah militer dan senjata yang tertunda secara bilateral. Dia mengatakan harus menyelesaikan hal itu sebelum ratifikasi keanggotaan Swedia di NATO yang akan dilakukan pada awal pekan depan. Budapest juga setuju untuk memperluas kontrak logistik dengan Stockholm, terkait pembelian dan dukungan jet tempur Gripen, yang merupakan kebanggaan Swedia tersebut.

"Saya sangat menyambut baik kerja sama yang mendalam mengenai kemampuan tempur tingkat lanjut ini," kata Kristersson.

3. Hungaria akhirnya setuju Swedia masuk NATO

Swedia Resmi Jadi Anggota NATOIlustrasi bendera NATO. (Pixabay.com/Clker-Free-Vector-Images)

Kelambanan Hungaria dalam menyutujui keanggotaan Swedia di NATO sempat memicu ketegangan antara dua negara. Hubungan Amerika Serikat (AS) dengan Hungaria juga semakin tegang.

Namun, perjanjian pertahanan pada Jumat dinilai sebagai titik rekonsiliasi antara dua negara. Hal ini mengindikasikan partai Orban yang mendominasi parlemen, akan siap untuk menyutujui keanggotaan Swedia.

PM Hungaria mengatakan, meski dua negara tidak sepakat dalam semua masalah, namun membangun kepercayaan sangat penting bagi negaranya untuk mendukung Swedia.

Baca Juga: NATO Serukan Eropa Tingkatkan Pasokan Senjata Untuk Ukraina

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya