Taiwan Gelar Pemilu Hari Ini, Ada 3 Kandidat Capres

Tempat pemungutan suara sudah dibuka pukul 08.00

Jakarta, IDN Times - Taiwan menggelar pemilihan umum pada hari ini, 13 Januari 2024, untuk mencari pengganti Presiden Tsai Ing Wen.

Dilansir Taiwan News, Sabtu (13/1/2024), tempat pemungutan suara sudah dibuka mulai pukul 08.00 pagi waktu setempat (07.00 WIB), dan akan ditutup pada pukul 16.00 sore waktu setempat.

Sekitar 19,5 juta orang sudah terdaftar sebagai pemilih. Hasil dari pemilu ini diperkirakan bakal keluar pada Sabtu malam nanti.

Siapa saja kandidat calon presiden Taiwan 2024?

Baca Juga: Profil 3 Kandidat Capres Taiwan Jelang Pemilu 2024, Siapa Saja?

1. William Lai dari Partai Progresif Demokratik

Taiwan Gelar Pemilu Hari Ini, Ada 3 Kandidat CapresKandidat calon presiden Taiwan 2024, Lai Ching-te. (twitter.com/ChingteLai)

Lai Ching-te atau William Lai mencalonkan diri sebagai calon presiden (capres) untuk DPP. Saat ini, dia menjabat sebagai Wakil Presiden Taiwan dan juga ketua DPP.

Ia memiliki pengalaman mendalam di pemerintahan, termasuk menjabat sebagai anggota parlemen dan Wali Kota Tainan.

Pria berusia 64 tahun ini telah membuat marah Beijing, dengan mengatakan ingin mempertahankan status quo di Selat Taiwan. Dia kekeuh tidak mengubah nama resmi Republik China (ROC) dan gigih mengikuti jejak Tsai, yang tidak akan memprovokasi dan mengambil risiko. Mereka sama-sama menolak klaim kedaulatan China.

Keduanya telah berulang kali menawarkan pembicaraan dengan Negeri Tirai Bambu, namun ditolak karena Beijing memandang mereka berdua sebagai separatis. Lai dan Tsai mengatakan, hanya rakyat Taiwan yang bisa menentukan masa depan mereka.

2. Hou Yu-ih dari Partai Kuomintang (KMT)

Taiwan Gelar Pemilu Hari Ini, Ada 3 Kandidat CapresKandidat calon presiden Taiwan 2024, Hou Yu-ih. (instagram.com/hou.yuih)

Hou Yu-ih adalah kandidat dari partai oposisi utama Taiwan, Kuomintang (KMT). Pria berusia 66 tahun ini adalah Wali Kota New Taipei. Dia terpilih kembali sebagai wali kota dengan kemenangan telak pada 2022, mengalahkan saingannya dari DPP.

Dia juga mantan pejabat tinggi kepolisian Taiwan. Rekam jejaknya sebagai polisi yang kompeten dan wali kota yang populer menjadikannya sebagai pilihan utama KMT, dalam upaya merebut kembali kepemimpinan Taiwan setelah delapan tahun.

Dia mengatakan, hanya penduduk pulau tersebut yang dapat menentukan masa depan mereka. Dia juga berjanji untuk terus meningkatkan pertahanan Taiwan dan menjaga hubungan baik dengan Washington.

KMT secara tradisional mendukung hubungan yang lebih erat dengan Beijing, tetapi dengan tegas menyangkal sikapnya yang pro-China.

3. Ko Wen Je dari Partai Rakyat Taiwan (TPP)

Taiwan Gelar Pemilu Hari Ini, Ada 3 Kandidat CapresKandidat calon presiden Taiwan 2024, Ko Wen-je. (twitter.com/KP_Taiwan)

Ko Wen-je adalah mantan Wali Kota Taipei yang mendirikan Partai Rakyat Taiwan (Taiwan People’s Party/TPP) pada 2019. Dia mencap dirinya sebagai kekuatan ketiga untuk para pemilih yang tidak puas dengan DPP dan KMT.

Ko pernah menjadi ahli bedah trauma terkemuka, dan akhirnya melepaskan jas putihnya untuk terjun ke dunia politik 10 tahun yang lalu.

Dia meraih ketenaran politik setelah memberikan dukungannya pada 'Gerakan Bunga Matahari' pada 2014. Saat itu, para mahasiswa memimpin protes terhadap apa yang mereka lihat sebagai pengaruh China yang semakin besar terhadap Taiwan.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya