Taiwan Marah Drone China Terbang di Zona Wilayahnya 

China menganggap drone-nya terbang di wilayah sendiri

Jakarta, IDN Times - China seolah tak mendengarkan protes Taiwan terkait pesawat nirawak Beijing yang berkali-kali memasuki zona wilayah Taiwan. Taipei menyebutnya sebagai provokasi.

Bahkan, Taiwan melabeli China sebagai negara yang ‘tidak lebih dari seorang pencuri’. Sampai saat ini, China bersikeras tak akan melepaskan Taiwan dari teritorialnya.

Puncak kemarahan China terjadi saat Ketua DPR Amerika Serikat (AS), Nancy Pelosi berkunjung ke Taiwan. Setelah itu, ada beberapa anggota parlemen AS dan Gubernur Indiana yang menyambangi pulau tersebut.

Baca Juga: Kapal Perang AS Lewati Selat Taiwan, China: Kami Siap Hadapi Provokasi

1. China dilaporkan menerbangkan drone di sekitar Taiwan

Taiwan Marah Drone China Terbang di Zona Wilayahnya Seorang anggota militer memegang bendera nasional Taiwan ketika pada upacara pengibaran bendera di Balai Peringatan Chiang Kai-shek, di Taipei, Taiwan (16/3/2018) (ANTARA/REUTERS/Tyrone Siu)

Sejak China memulai latihan militer di dekat Taiwan pada awal bulan ini, pemerintah Taiwan melaporkan bahwa ada beberapa drone China yang terbang di pulau-pulau di zona wilayah Taiwan.

Dilansir dari Channel News Asia, Selasa (30/8/2022), sejumlah video menunjukkan bahwa ada satu tentara Taiwan yang melempari drone China tersebut dengan batu.

Latihan militer besar-besaran China ini digelar sebagai tanggapan atas kunjungan Pelosi beberapa waktu lalu ke Taipei dan bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen.

Baca Juga: Kapal Perang AS Lewati Selat Taiwan, China: Kami Siap Hadapi Provokasi

2. Drone China terbang di wilayahnya sendiri

Taiwan Marah Drone China Terbang di Zona Wilayahnya Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Zhao Lijian. twitter.com/thouse_opinions

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, menegaskan bahwa drone China selama ini terbang di atas wilayah China.

Drone China terbang di sekitar wilayah China, ini bukan sesuatu provokasi atau membuat keributan,” ujar Zhao.

Mendengar komentar Zhao tersebut, Kementerian Luar Negeri Taiwan pun berang. Mereka melabeli China sebagai pencuri.

“Ada ajaran China kuno bahwa orang yang datang tak diundang disebut pencuri. Baik itu mendobrak pintu atau mengintip dari udara. Taiwan tidak menyambut pencuri seperti itu,” kata mereka.

Baca Juga: Hubungan China-Taiwan Memanas, Apa Dampaknya Buat Indonesia?

3. Tentara Taiwan mengeluarkan peringatan

Taiwan Marah Drone China Terbang di Zona Wilayahnya Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, bersama pilot-pilot dari Angkatan Udara Taiwan. twitter.com/iingwen

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Taiwan melaporkan ada serangan pesawat nirawak pada Senin (29/8/2022) kemarin di dekat Pulau Singa kecil, di Pulau Kinmen yang terletak di seberang kota Xiamen dan Quanzhou, China.

Tentara terpaksa menembakkan suar untuk memperingatkan drone tersebut. Usai diperingatkan, drone tersebut terbang ke arah Xiamen.

Baca Juga: Presiden Tsai Ing-wen: Taiwan Sudah Bertekad untuk Mempertahankan Diri

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya