Temui Menlu India, Menlu Retno Kecam Politikus Penghina Nabi Muhammad 

Menlu Retno Marsudi juga menyampaikan rasa keprihatinan

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan kecaman dan keprihatinan Indonesia terkait pernyataan dua politikus Partai BJP India yang menghina Nabi Muhammad. Kecaman tersebut disampaikan kepada Menteri Luar Negeri India, Jaishankar.

Sebagai tanggapan, Jaishankar menyampaikan bahwa pernyataan dua politikus tersebut tidak mencerminkan posisi partai BJP dan sama sekali juga tidak mencerminkan posisi pemerintah India.

1. RI mengecam pernyataan menghina tersebut

Temui Menlu India, Menlu Retno Kecam Politikus Penghina Nabi Muhammad Menteri Luar Negeri India, S Jaishankar (kanan). (twitter.com/VivianBala)

Sebelum Menlu Retno bertemu dengan Jaishankar, Indonesia telah mengecam ketika dua politikus India dari Partai BJP yakni Nupur Sharma dan Naveen Kumal Jindal terbukti menghina Nabi Muhammad.

“Indonesia mengutuk keras pernyataan yang merendahkan Nabi Muhammad SAW oleh dua orang politisi India,” tegas Kementerian Luar Negeri RI, kala itu.

Ketika bertemu di New Delhi hari ini, Jumat (17/6/2022), Retno sekali lagi menyampaikan kecaman Indonesia terkait hal tersebut.

“Menlu India menjelaskan bahwa dua politisi tersebut telah diberhentikan dari jabatannya dan telah dinonaktifkan dari partai,” kata Retno dalam keterangan tertulis Kemlu RI yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Menlu Retno: Kondisi Ukraina Bisa Saja Terjadi di Indo Pasifik

2. Partai BJP menghormati semua agama

Temui Menlu India, Menlu Retno Kecam Politikus Penghina Nabi Muhammad Nupur Sharma, juru bicara partai BJP India. (handweekly.com)

Dalam pertemuannya dengan Jaishankar, ditegaskan bahwa partai pimpinan Perdana Menteri India Narendra Modi tersebut menghormati semua agama.

“Ditegaskan bahwa Partai BJP menolak dengan keras penghinaan terhadap agama dan juga menentang keras ideologi menghina atau merendahkan agama tertentu,” ucap Retno lagi.

3. Retno tekankan budaya toleransi di pertemuan ASEAN-India

Temui Menlu India, Menlu Retno Kecam Politikus Penghina Nabi Muhammad Menlu RI Retno Marsudi di SAIFMM India. (dok. Twitter Menlu RI)

Menghadiri pertemuan menlu ASEAN-India atau SAIFMM 2022 di New Delhi, Retno sekali lagi menegaskan pentingnya terus dikembangkan budaya toleransi dan saling menghormati.

“Hanya dengan saling menghormati perbedaan termasuk perbedaan agama, maka persahabatan dan kerja sama akan dapat terus diperkuat,” sambung dia.

Selanjutnya, kedua negara sepakat untuk melanjutkan kembali program Indonesia – India Interfaith Dialogue (IIID) yang pernah diselenggarakan pada tahun 2018.

Baca Juga: Menlu Retno: Kondisi Ukraina Bisa Saja Terjadi di Indo Pasifik

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya