Turki Mulai Angkut Logistik Pakai Pesawat TNI AU 

Pesawat ini ditugaskan untuk bantu penanganan pasca gempa

Jakarta, IDN Times - Baru sempat parkir sebentar, pesawat TNI Angkatan Udara Hercules C-130 yang diperbantukan kepada pemerintah Turki langsung membantu penanggulangan bencana gempa bumi untuk menjalakankan tugas kemanusiaan.

Pesawat Hercules ini mengangkut logistik dari bandara militer Etimesgut, Ankara ke Kahramanmaras, salah satu wilayah yang paling terdampak akibat gempa bumi.

“Hari ini (Rabu 15 Februari 2023) kita sudah mulai angkut logistik kemanusiaan dari Ankara ke Kahramanmaras, satu daerah paling terdampak,” kata Flight Commander Kolonel (PNB) Wisoko, dalam keterangan KBRI Ankara, Kamis (16/2/2023).

“TNI AU bangga bisa ikut meringankan beban saudara kita di Turki. Ini sesuai harapan Menteri Pertahanan RI dan pimpinan TNI saat memutuskan untuk mengarahkan pesawat ini ke Turki,” lanjut dia.

1. Bantuan logistik terus disalurkan ke wilayah terdampak

Turki Mulai Angkut Logistik Pakai Pesawat TNI AU Proses evakuasi WNI dari wilayah gempa di Turki. (dok. KBRI Ankara)

Sejak terjadinya gempa pada tanggal 6 Februari 2023 lalu, pemerintah Turki terus memobilisasi logistik ke daerah-daerah terdampak bencana.

Ribuan alat berat dikirimkan dari berbagai daerah di Turki untuk melakukan eskavasi reruntuhan gedung dan untuk menyiapkan tempat-tempat pengungsian. Suplai tenda, bahan makanan dan kebutuhan hidup lainnya bagi para korban juga terus didatangkan.

“Sementara jalur suplai logistik melalui darat banyak yang tidak berfungsi akibat gempa. Pengangkutan logistik melalui udara, khususnya dengan pesawat transport militer, menjadi opsi paling baik yang bisa dilakukan saat ini,” ujar Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal.

Baca Juga: Pesawat Hercules TNI AU Diperbantukan Tangani Gempa Turki

2. Indonesia bangun RS lapangan di lokasi gempa

Turki Mulai Angkut Logistik Pakai Pesawat TNI AU Misi kemanusiaan Indonesia untuk penanganan gempa Turki telah tiba. (dok. KBRI Ankara)

Tim kemanusiaan Indonesia gelombang kedua yang tiba kemarin langsung menuju Provinsi Hatay, tepatnya di dekat perkampungan kota Hassa, agar segera bisa membangun rumah sakit lapangan.

Rumah sakit lapangan seluas 2,5 hektar ini akan dioperasikan oleh hampir 100 tenaga medis dan para medis untuk dapat langsung membantu korban di sekitar kota Hassa maupun dari kota lain yang belum tertangani.

Sebelum menuju Hatay, tim yang terdiri dari unsur Kementerian Kesehatan, TNI, Polri serta MDMC (Muhammadiyah, NU, asosiasi dokter spesialis) ini mendapat pengarahan awal dari koordinator terkait kondisi lapangan terkini.

3. Bantuan tahap ketiga akan tiba pekan ini

Turki Mulai Angkut Logistik Pakai Pesawat TNI AU Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal mengawal kedatangan misi kemanusiaan Indonesia untuk Turki. (dok. KBRI Ankara)

Sementara itu, untuk tahap ketiga, bantuan dari Indonesia ini diperkirakan akan tiba pada 18 Februari 2023 mendatang.

Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal bahkan diminta Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi untuk sementara berkantor di Adana, guna mengkoordinasikan kedatangan bantuan serta memantau kondisi para WNI yang memilih tetap tinggal di dekat lokasi gempa.

Baca Juga: Banyak Negara Bantu Turki-Suriah demi Normalisasi Hubungan Luar Negeri

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya