Upaya Kudeta Jerman, WN Rusia Ikut Ditangkap 

Jerman juga melakukan penggeledahan

Jakarta, IDN Times - Jerman mengerahkan sekitar 3 ribu petugas untuk melakukan penggeledahan di 130 lokasi di 11 negara bagian di Jerman terkait upaya kudeta yang baru saja terjadi.

Aparat Jerman sebelumnya telah menahan 25 orang yang berniat melakukan kudeta. Aksi percobaan kudeta ini disebut terkait dengan gerakan ekstrem kanan Reichsburger, di mana mereka menolak konstitusi pascaperang Jerman dan menyerukan penggulingan pemerintah.

1. Penggeledahan sebagai tindakan tanggap terorisme

Dilansir dari France24, Kamis (8/12/2022), Menteri Kehakiman Marco Buschmann mengatakan penggeledahan ini merupakan operasi anti-terorisme.

“Para tersangka yang ditangkap telah merencanakan serangan bersenjata terhadap institusi negara,” kata Buschmann.

2. Ada warga negara Rusia yang ditangkap

Kejaksaan Jerman mengatakan 22 warga Jerman telah ditangkap terkait upaya kudeta ini.

“Tiga orang lainnya, termasuk seorang warga negara Rusia, juga ditangkap karena diduga mendukung organisasi tersebut,” sebut pernyataan Kejaksaan Jerman.

3. Persiapkan rencana kudeta secara terstruktur

Para tersangka dituding mempersiapkan rencana ideologisnya sejak akhir November 2021. Persiapan termasuk melakukan pengadaan peralatan, merekrut anggota baru, dan mengadakan pelatihan menembak.

Menurut BAMAD, upaya perekrutan yang paling utama difokuskan pada anggota militer dan polisi.

"Anggota asosiasi menyadari bahwa proyek ini hanya dapat diwujudkan melalui penggunaan sarana militer dan kekerasan terhadap perwakilan negara," kata Kantor Kejaksaan.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya