Vladimir Putin Absen di G20, Zelenskyy Belum Pasti Hadir Juga 

Belum ada konfirmasi hingga saat ini

Jakarta, IDN Times - Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin belum bisa memastikan kehadiran Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di KTT G20 Bali, pekan depan.

Pasalnya, Zelenskyy tak akan hadir jika Presiden Rusia Vladimir Putin juga hadir. Namun, baru saja dikonfirmasi bahwa Putin dipastikan tidak akan menghadiri KTT G20.

Baca Juga: Fix! Presiden Putin Dipastikan Tidak Hadir di KTT G20 Bali 

1. Belum ada konfirmasi

Vladimir Putin Absen di G20, Zelenskyy Belum Pasti Hadir Juga Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin (IDN Times/Tata Firza)

Hamianin menegaskan, hingga hari ini belum ada konfirmasi terkait kedatangan Zelenskyy ke Bali.

“Terkait kehadirannya langsung atau virtual, belum ada konfirmasi,” kata Hamianin dalam pesan singkatnya kepada IDN Times, Kamis (10/11/2022).

Baca Juga: Dua Pesawat Delegasi G20 Uni Eropa Parkir di Bandara Lombok 

2. Putin tak hadir di KTT G20

Vladimir Putin Absen di G20, Zelenskyy Belum Pasti Hadir Juga Presiden Rusia Vladimir Putin (ANTARA FOTO/REUTERS/Maxim Zmeyev)

Kedutaan Besar Rusia di Jakarta telah mengonfirmasi bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan hadir di perhelatan KTT G20 di Bali, pekan depan.

“Bisa dikonfirmasi bahwa delegasi Rusia akan dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov,” sebut pernyataan Kedubes Rusia di Jakarta yang diterima IDN Times, Kamis (10/11/2022).

Sebelumnya, desas-desus bahwa Putin hadir di KTT G20 cukup kencang berhembus. Pasalnya, Indonesia dikabarkan telah menyiapkan hotel untuk orang nomor satu di Rusia tersebut.

Selain itu, sejumlah mobil khusus kenegaraan Rusia juga disebutkan sudah ada di Bali.

3. Zelenskyy ogah hadir di Bali jika ada Putin

Vladimir Putin Absen di G20, Zelenskyy Belum Pasti Hadir Juga Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (kanan)/ (Presiden Rusia, Vladimir Vladimirovich Putin. twitter.com/KremlinRussia_E, Volodymyr Zelenskyy, Presiden Ukraina (Twitter.com/ Володимир Зеленський))

Sementara itu, Zelenskyy sempat berujar bahwa dirinya tidak akan hadir di KTT G20 Bali jika Putin hadir secara fisik di Pulau Dewata.

"Posisi pribadi saya dan posisi Ukraina adalah jika pemimpin Rusia ambil bagian atau hadir, maka Ukraina tidak hadir. Kita lihat saja ke depannya seperti apa," kata Zelenskyy.

Meski bukan anggota G20, namun Zelenskyy mendapat undangan langsung dari Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo untuk hadir di KTT G20, pekan depan.

Baca Juga: Ini Syarat dari Ukraina untuk Berdialog dengan Rusia

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya