Jadi Mata-mata Israel, 8 Warga India Ditahan Qatar 

Israel awasi program kapal selam siluman Qatar 

Jakarta, IDN Times - Delapan warga negara India ditahan oleh Qatar atas tuduhan spionase. Mereka bekerja untuk Israel guna mengawasi program kapal selam Doha, lapor beberapa media.

Delapan orang itu merupakan mantan perwira Angkatan Laut India. Mereka ditangkap pada akhir Agustus 2022 dan terancam hukuman mati.

1. Delapan warga India awasi program kapal selam Qatar buatan Italia 

Jadi Mata-mata Israel, 8 Warga India Ditahan Qatar Ilustrasi kapal selam (pixabay.com/Andy)

Dilansir Al Jazeera pada Selasa (2/5/2023), India memiliki akses konsuler untuk delapan tahanan itu dan telah berusaha membebaskan mereka. Pihaknya juga telah diberi tahu Doha bahwa mereka terbukti menyerahkan informasi intelijen ke Israel.

Mereka yang ditahan telah menjalani sidang pertama pada akhir Maret. Sidang lainnya akan digelar bulan ini.

Media India menyebut kedelapan terdakwa adalah karyawan senior Dahra Global Technologies and Consulting Service. Itu merupakan perusahaan konsultasi untuk proyek Qatar yang mengincar kapal selam canggih buatan Italia yang dapat menghindari deteksi radar, dikutip dari Doha News.

Namun surat kabar Pakistan The News International pada pekan lalu melaporkan, perusahaan itu telah ditutup oleh Qatar. Adapun 75 karyawan asal India, yang sebagian besar mantan personel angkatan laut, harus meninggalkan Qatar hingga akhir Mei.

Baca Juga: Mogok Makan 87 Hari, Senior Milisi Palestina Tewas di Penjara Israel 

2. Israel halangi perkembangan teknologi militer di Timur Tengah 

Jadi Mata-mata Israel, 8 Warga India Ditahan Qatar Ilustrasi bendera Israel (pixabay.com/dror lahat)

Pada 2020, Qatar menandatangani nota kesepahaman dengan Fincantieri SpA, perusahaan asal Italia yang memproduksi kapal. Itu merupakan mega proyek Doha yang melibatkan pembangunan pangkalan angkatan laut dan pemeliharaan armada militernya. Namun, MoU itu kabarnya belum ditindaklanjuti.

Qatar dilaporkan mengincar varian lebih kecil dari kapal selam Near Future Submarine U 212. Itu adalah proyek kapal selam ambisius di Italia yang produksinya melibatkan perusahaan Jerman.

Sejauh ini, belum ada tanggapan dari Israel soal penangkapan warga India oleh Qatar. Namun, pihaknya diduga memiliki kepentingan guna mencegah perkembangan teknologi militer di Timur Tengah. Israel khawatir bahwa itu dapat menyaingi keunggulan militernya yang sejauh ini dibantu oleh Amerika Serikat.

3. Pakistan dan India bersaing untuk memiliki teknologi militer canggih 

Persaingan kapal selam juga terjadi antara India dengan Pakistan. Sikut-sikutan diduga untuk menunjukkan siapa yang lebih unggul dalam kekuatan alutsista.

Angkatan Laut Pakistan mempunyai beberapa kapal selam terbaru buatan Italia. Hubungan Pakistan dengan Qatar juga semakin dekat.  

Di sisi lain, India khawatir dengan Pakistan yang berpotensi mencari untuk memperoleh teknologi siluman, yang tertanam di beberapa kapal selam barunya.

Baca Juga: Negara ASEAN Diam-diam Rapat dengan China dan India, Bahas Apa?

Syahreza Zanskie Photo Verified Writer Syahreza Zanskie

Feel free to contact me! syahrezajangkie@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya