Menlu China Qin Gang Absen dari Pertemuan ASEAN di Jakarta, Kenapa?

Diplomat Tinggi Wang Yi akan wakili China

Jakarta, IDN Times - Kementerian Luar Negeri China, pada Selasa (11/7/2023), mengumumkan bahwa Menteri Luar Negeri Qin Gang bakal absen dari pertemuan diplomatik di Indonesia pekan ini karena alasan kesehatan. Keberadaan Qin belakangan jadi sorotan karena hilang dari publik selama dua minggu lebih.

Juru bicara Kemlu China, Wang Wenbin, mengatakan bahwa diplomat tinggi Wang Yi akan mewakili Beijing untuk pertemuan ASEAN di Jakarta.

Sebaliknya, Amerika Serikat (AS) dan Rusia juga dipastikan hadir dalam forum pekan ini.

1. Diplomat tinggi Wang Yi akan gantikan Menlu China

Menlu China Qin Gang Absen dari Pertemuan ASEAN di Jakarta, Kenapa?Potrer Diplomat Tinggi China, Wang Yi (twitter.com/ChineseEmbinRus)

Dilansir Reuters, Menteri Luar Negeri dari negara-negara ASEAN dan China dijadwalkan bertemu pada Kamis mendatang. Ini digelar sebelum KTT Asia Timur dan Forum Regional ASEAN pada Jumat.

"Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri Qin Gang tidak dapat menghadiri pertemuan tingkat menteri ASEAN ini karena alasan kesehatan," kata juru bicara Kemlu China Wang Wenbin, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Qin terakhir kali terlihat pada 25 Juni, tepatnya setelah bertemu dengan pejabat dari Rusia, Sri Lanka dan Vietnam di Beijing. Qin menjabat sebagai Menlu China pada Desember 2022 dan merupakan pendahulu Wang.

Pekan lalu, Juru bicara Kemlu China mengatakan ia belum mendengar laporan mengenai alasan Qin tidak muncul di hadapan publik. Hal ini menanggapi laporan Politico yang menyebut masalah kesehatan jadi faktor absennya menlu berusia 57 tahun itu dari beberapa pertemuan diplomatik.

Baca Juga: Belum Deal, Menlu Retno Yakin Tekad ASEAN Jadi Kawasan Bebas Nuklir 

2. Menlu AS Antony Blinken akan hadiri pertemuan di Jakarta

Menlu China Qin Gang Absen dari Pertemuan ASEAN di Jakarta, Kenapa?Potret Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken (twitter.com/SecBlinken)

Mulanya Qin dijadwalkan bertemu dengan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa UE, Joseph Borell, di Beijing pekan lalu. Namun, juru bicara UE mengatakan agenda itu diundur China karena alasan jadwal. 

Menurut beberapa sumber yang mengetahui rencana itu mengatakan, kunjungan Borrell ini dibatalkan China secara mendadak, tepatnya dua hari sebelum pertemuan dengan Qin pada 5 Juli.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken juga akan bertolak ke Jakarta. Kehadiran Blinken ini menghadirkan kesempatan lain Washington untuk bisa berbicara dengan Beijing, demi meredakan ketegangan antara kedua negara adidaya itu. 

3. Alasan Wang Yi gantikan Menlu Qin untuk pertemuan di Jakarta

Bulan lalu, Blinken bertolak ke Beijing dan bertemu dengan Qin. Itu merupakan kunjungan pertama menteri luar negeri AS ke China sejak lima tahun lalu, dilansir Channel News Asia.

Wang Yi adalah kepala kebijakan luar negeri Partai Komunis China. Posisi itu berada di atas hirarki Menlu Qin yang bertugas sebagai kepala kebijakan luar negeri pemerintah Beijing.

Melansir SCMP, juru bicara Kemlu China dalam pengarahan pada Selasa menolak berkomentar apakah masalah kesehatan Qin disebabkan oleh COVID-19.

Baca Juga: MUI Tolak Pertemuan LGBT se-ASEAN di Jakarta: Bismillah, Lawan!

Syahreza Zanskie Photo Verified Writer Syahreza Zanskie

Feel free to contact me! syahrezajangkie@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya